Rishi Sunak, Kandidat Kuat Jadi PM Inggris Pengganti Truss

  • Bagikan

Regional.co.id, LONDON: Politisi Partai Konservatif Inggris Rishi Sunak menjadi kandidat kuat menggantikan Liz Truss sebagai Perdana Menteri Inggris yang baru.

Dia telah mengumpulkan cukup dukungan untuk mengikuti kontes kepemimpinan partai yang akan mengamankan posisinya sebagai perdana menteri Inggris. mantan Perdana Menteri Boris Johnson dikabarkan turut serta mengikuti kontestasi tersebut.

akan bergabung dalam perlombaan untuk menggantikan Liz Truss.

Truss mengundurkan diri setelah enam minggu yang bergejolak, menjadi perdana menteri terpendek.

Pendukung Sunak, yang menjabat sebagai kanselir di bawah Johnson, mengatakan pada Jumat malam dia telah menerima nominasi dari 100 anggota parlemen Tory untuk melewati ambang batas yang diperlukan jauh sebelum batas waktu Senin, demikian seperti dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (22/10/2022).

BACA JUGA:   Turki Pertegas Dukungan Untuk Presidensi G20 Indonesia

Tidak ada kabar dari Sunak, yang belum secara terbuka menyatakan pencalonannya.

Partai yang berkuasa di Inggris telah dilanda kekacauan dengan dua perdana menteri mengundurkan diri dalam waktu beberapa bulan.

Liz Truss secara dramatis mengumumkan pengunduran dirinya pada hari Kamis setelah rencana pemotongan pajak dan pembatalan kebijakan ekonominya sendiri menjerumuskan pasar ke dalam kekacauan.

“Merasa terhormat menjadi anggota parlemen Tory ke-100 yang mendukung #Ready4Rishi,” cuit backbencher senior Tobias Ellwood, karena pendukung Sunak lainnya juga mengatakan dia telah melewati penghalang.

Sunak secara otomatis akan menjadi pemimpin partai dan perdana menteri jika lawan-lawannya gagal juga memenangkan 100 nominasi dari sesama anggota parlemen Tory.

BACA JUGA:   DK PBB Sahkan Resolusi Gencatan Senjata di Gaza, Israel Terdesak!

Menteri keamanan Tom Tugendhat, yang mencalonkan diri sebagai pemimpin setelah Johnson digulingkan pada Juli, juga mendukung Sanak.

“Kami membutuhkan stabilitas ekonomi. Itu sebabnya saya mendukung Rishi Sunak,” cuitnya di Twitter.

Baik Sunak maupun Johnson tidak secara terbuka menyatakan mereka mencalonkan diri. Tetapi Johnson mempersingkat liburan Karibia untuk mengambil bagian dalam kontes yang dipercepat, yang akan melihat anggota parlemen Tory mengadakan pemungutan suara pada hari Senin sebelum kemungkinan pemungutan suara online untuk anggota partai minggu depan.

Media Inggris melaporkan bahwa Johnson tiba kembali di Inggris pada hari Sabtu. Penerbangannya mendarat di Bandara Gatwick London.

BACA JUGA:   Korea Memanas! Latihan Perang AS-Korsel Jadi Pemicu

James Duddridge, salah satu sekutu terdekat Johnson di parlemen, mengatakan dia telah melakukan kontak dengan bos lamanya melalui WhatsApp.

“Dia bilang … “Kami akan melakukan ini. Saya siap untuk itu’,” kata anggota parlemen itu, ketika seorang reporter Sky News memposting foto yang tampaknya menunjukkan Johnson dalam penerbangan pulang dari Republik Dominika.

Kubu Sunak dan Johnson dilaporkan sedang mencari pembicaraan untuk melihat apakah ada ruang untuk kesepakatan persatuan, meskipun ada banyak darah buruk sejak penggulingan mantan perdana menteri pada Juli.

  • Bagikan
64 views