Terpilih Menjadi PM Inggris, Ini Tugas Berat Rishi Sunak!

  • Bagikan

Regional.co.id, LONDON: Mantan Menteri Keuangan InggrisRishi Sunak berhasil terpilih menjadi Perdana Menteri dalam persaingan di Partai Konservatif, setelah pesaingnya Penny Mordaunt gagal mendapatkan dukungan yang cukup dari anggota parlemen.

Dikutip dari BBC, Selasa (25/10/2022) dalam pidato pertamanya setelah terpilih menjadi PM Inggris, Sunak mengatakan bahwa menyatukan partainya dan Inggris akan menjadi “prioritas utamanya”.

Kemudian, dalam pidato terpisah di televisi yang berlangsung kurang dari dua menit, Sunak menyatakan berjanji untuk melayani masyarakat Inggris dengan integritas.

Tak lupa, Sunak juga menyampaikan terima kasih kepada mantan Perdana Menteri Liz Truss karena sudah memimpin Inggris selama “keadaan yang sangat sulit”.

“Inggris adalah negara yang hebat tetapi tidak diragukan lagi kita menghadapi tantangan ekonomi yang besar,” ujar Sunak.

“Kita sekarang membutuhkan stabilitas dan persatuan dan saya akan menjadikannya prioritas utama untuk menyatukan partai dan negara kita,” sambungnya.

BACA JUGA:   Pertumbuhan Ekonomi Global 2022 Diprediksi Melemah Akibat Peningkatan Kasus COVID-19 dan Inflasi

Rishi Sunak akan menjadi perdana Menteri Inggris keturunan Asia pertama dan termuda selama lebih dari 200 tahun, dengan usianya kini 42 tahun.

Sunak, seorang pemeluk Hindu, diyakini akan menjabat mulai Selasa (25/10) setelah secara resmi ditunjuk oleh Raja Charles III.

Dia menggantikan Liz Truss, menyusul pengunduran dirinya setelah hanya 45 hari menjabat sebagai Perdana Menteri Inggris.

Tak lama setelah diumumkan akan menjadi PM Inggris, sejumlah pemimpin negara telah menyambut Sunak dengan ucapan selamat, salah satunya Presiden AS Joe Biden.

Sekretaris Pers Gedung Putih mengungkapkan, Presiden Joe Biden mengatakan dia berencana untuk menelepon Sunak untuk mengucapkan selamat setelah pertemuannya dengan Raja Charles III.

Keluarga Miliarder

Rishi Sunak bukan nama baru. Saat itu, dua nama yang tersisa di pemilihan partai Konservatif, ia berada di belakang Liz Truss.

BACA JUGA:   AS-Inggris Serang Milisi Houthi, Yaman Dihujani Rudal!

Rishi Sunak lahir pada tanggal 12 Mei 1980 di Southampton, Hampshire, Inggris Tenggara dari orang tua keturunan India, Yashvir dan Usha Sunak yang masing-masing lahir di Kenya dan Tanzania.

Dengan usianya yang masih 42 tahun, Sunak menjadi salah satu PM Inggris termuda dalam sejarah. 

Ayahnya adalah seorang dokter umum, sementara ibunya adalah seorang apoteker yang mengelola apotek setempat, dikutip dari laman Anadolu Agency, Senin (24/10/2022).

Kakek-nenek Sunak lahir di Provinsi Punjab, India Inggris, dan beremigrasi ke Inggris pada tahun 1960-an dari Afrika Timur.

Sunak adalah anak tertua dari tiga bersaudara. Kakaknya, Sanjay, adalah seorang psikolog dan adiknya, Rakhi, bekerja sebagai Kepala Bidang Kemanusiaan, Pembangunan Perdamaian, Dana dan Program PBB di Kantor Luar Negeri, Persemakmuran dan Pembangunan.

BACA JUGA:   Butuh Dana Transisi Energi US$30 Miliar, Jokowi Tawarkan Peluang Investasi EBT di Forum G7

Dia dididik di sekolah swasta sebelum pergi ke Universitas Oxford untuk belajar filsafat, politik, dan ekonomi (PPE) – gelar pilihan di universitas pilihan bagi elit politik Inggris.

Dia kemudian meraih gelar master dalam bidang administrasi bisnis (MBA) dari Stanford University di AS sebagai Fulbright Scholar.

Di Stanford, ia bertemu dengan istrinya, Akshata Murty, putri seorang miliarder India.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Sunak bekerja untuk Goldman Sachs sebelum pindah ke Hedge Fund.

Sunak dan Murty memiliki kekayaan gabungan sebesar 730 juta pound sterling (Rp 10 triliun) pada tahun 2022, menjadikan mereka orang terkaya ke-222 di Inggris menurut Sunday Times Rich List. Mereka dianugrahi memiliki dua anak perempuan. (Sys)

  • Bagikan
165 views