Putin dan Zelensky Batal Hadiri KTT G20, Luhut: Mungkin Itu Yang Terbaik!

  • Bagikan

Regional.co.id, DENPASAR: Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dipastikan dihadir dalam perhelatan KTT G20 di Nusa Dua, Bali yang berlangsung mulai pekan depan.

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi yang juga Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20 Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah sudah mendapatkan kabar bahwa kedua presiden yang sedang berkonflik itu batal hadir.

“Ya mungkin kesibukan keduanya, kita hormati. Kita sudah diberitahu perihal ketidakhadiran mereka,” kata Luhut saat hadir di pusat komando (command center) Polda Bali bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Kamis (10/11/2022).

BACA JUGA:   Rishi Sunak, Kandidat Kuat Jadi PM Inggris Pengganti Truss

Luhut menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya sudah melakukan komunikasi via telepon dengan Putin. Hal itu dilakukan karena presidensi berupaya mengakomodasi semua kepala negara anggota G20.

“Mungkin itu yang terbaik buat kita semua,” ungkap Luhut.

Sementara saat ditanya apakah Zelenksy akan hadir dalam KTT G20, Luhut mengatakan yang bersangkutan juga tidak hadir.

“Sama juga mereka berdua (tidak hadir). Mereka juga punya kesibukan yang kita harus hormati,” tegas Luhut.

Luhut juga menegaskan bahwa sampai saat ini Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memastikan bakal hadir dalam KTT G20.

BACA JUGA:   Makin Terpuruk, Resesi di Swedia Bakal Berlanjut Hingga 2024

“Ya sampai hari ini (Joe Biden) datang. Kita berdoa. Sampai hari ini 17 kepala negara yang akan hadir,” terang Luhut.

“Dan saya kira pertemuan nanti bilateral antara Presiden Jokowi dengan (Joe) Biden dan juga presiden negara lain yang diatur atau dijembatani oleh Presiden Jokowi itu menunjukkan suatu sukses leadership daripada Presidensi G20,” kata Luhut.

Kendati tidak hadir, perwakilan Rusia yang hadir di Bali diwakili oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov akan memimpin delegasi negara tersebut dalam KTT G20 di Bali.

  • Bagikan
62 views