Jokowi Bawa Kabar Tak Sedap di KTT G20, 48 Negara Terancam Krisis!

  • Bagikan
Tangkapan layar pidato Presiden RI Joko Widodo saat membuka KTT G20 di Bali, Selasa (15/11)

Regional.co.id, BALI: Presiden Joko Widodo (Jokowi) membawa kabar yang kurang mengenakkan dari penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di The Apurva Kempinski Bali, Selasa (15/11/2022).

Kabar enggak enak yang dimaksud Jokowi itu adalah 48 negara berkembang yang dikhawatirkan terancam menghadapi persoalan serius dari tingginya harga pangan dunia. Namun, Jokowi tidak merinci secara detail siapa negara yang dimaksud.

“48 negara berkembang dengan tingkat kerawanan pangan tertinggi akan menghadapi kondisi yang sangat serius,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, perang yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir telah memicu terjadinya krisis terhadap ketahanan pangan. Menurutnya, tidak boleh ada yang menyepelekan masalah pupuk dunia.

BACA JUGA:   Zelensky Pastikan Ukraina Tidak Ikut KTT G20 Jika Putin Hadir

“Jika kita tidak segera mengambil langkah agar ketersediaan pupuk mencukupi dengan harga terjangkau, maka 2023 akan menjadi tahun yang lebih suram,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, tingginya harga pangan saat ini dapat semakin memperburuk krisis yang sudah ada karna tidak adanya pasokan pangan. Kelangkaan pupuk bahkan dapat mengakibatkan gagal panen di berbagai belahan dunia.

“Selain itu, kita juga melihat tatanan dunia dan hukum internasional yang sedang diuji,” tegasnya.

  • Bagikan
59 views