Duh! Lion Air dan Wings Air Dinobatkan Sebagai Maskapai Terburuk di Dunia

  • Bagikan

Regional.co.id, JAKARTA: Pelayanan maskapai menjadi salah satu pertimbangan orang untuk memilih penerbangan. Apabila maskapai memberikan kenyamanan dan pelayanan bagus, maka orang akan kembali memakai jasa mereka pada penerbangan lainnya.

Sayangnya, tidak semua maskapai mampu memberikan pelayanan yang memuaskan bagi penumpang. Sederet maskapai buktinya mendapat rapor merah dari para penumpang.

Hasil survei yang dilakukan platform layanan travel Bounce merilis laporan peringkat maskapai terburuk sampai yang terbaik sepanjang 2022. Bounce sebelumnya telah mengeluarkan laporan The 2022 Airline Index berdasarkan survei tentang layanan maskapai di dunia.

Dari laporan Bounce, Indonesia ternyata menyumbang maskapai internasional terburuk di dunia. Adalah Lion Air, maskapai yang berbasis di Indonesia dinobatkan sebagai maskapai dengan pelayanan terburuk di dunia dalam daftar ini. Menempati peringkat terburuk, skor Lion Air hanya 0,72.

BACA JUGA:   Antisipasi Kemacetan, Jokowi Dorong Pemda Bangun Moda Transportasi Berbasis Rel

Tingkat kedatangan tepat waktu Lion Air tercatat cuma 42,27 persen, yang berarti maskapai ini sering terlambat. Kemudian, tingkat pembatalan Lion Air juga tinggi yakni mencapai 34,43 persen, yang artinya seperti penerbangan Lion Air dibatalkan selama satu tahun terakhir.

Situs resmi Bounce juga menyebut bahwa Lion Air hanya memperoleh skor 1/5 untuk makanan dan hiburan di alam pesawat. Lion Air mendapat skor 2/5 untuk kenyamanan kursi serta layanan staf.

Yang miris, peringkat kedua terburuk dalam daftar ini juga diduduki maskapai yang berbasis di tanah air lainnya, Wings Air. Soal kedatangan tepat waktu, Wings Air cuma mencapai 49,78 persen, sedangkan tingkat pembatalan sebesar 20,63 persen.

BACA JUGA:   Pelindo I Integrasikan Kawasan Industri dan Pelabuhan di Kuala Tanjung

Skor Wings Air tidak jauh lebih baik dari Lion Air perihal kedatangan tepat waktu dan pembatalan penerbangan. Seperti Lion Air, Wings Air dapat skor serupa untuk makanan dan hiburan serta untuk kenyamanan kursi dan layanan staf.

Fakta ini tentu meninggalkan catatan bagi dunia penerbangan Indonesia, karena menjadi dua maskapainya masuk daftar terburuk di dunia versi Bounce.

Berikut daftar 10 maskapai dengan layanan terburuk di dunia 2022.

1. Lion Air (0,72)
2. Wings Air (1,11)
3. Flydubai (1,18)
4. AirAsia India (1,34)
5. Shenxhen Airlines (1,54)
6. VivaAerobus (1,56)
7. Wizz Air (1,79)
8. Ryanair (2,06)
9. AirAsia (2,06)
10. Volaris (2,15)

BACA JUGA:   Booster Jadi Syarat Penerbangan, Anda Bisa Vaksin Di Bandara

  • Bagikan
234 views