Canggih dan Megah, Ini Profil 8 Stadion Piala Dunia 2022 di Qatar

  • Bagikan
Stadion Al Janoub sebagai tempat penyelenggaraan FIFA World Cup 2022 di Qatar

Piala Dunia 2022 Qatar akan menggunakan delapan stadion megah bertaraf internasional. Berikut profil delapan stadion Piala Dunia 2022.

Delapan stadion Piala Dunia 2022 tersebar di lima kota besar, yakni Lusail, Al Khor, Doha, Al Rayyan, dan Al Wakrah. Kota Al Rayyan menjadi yang terbanyak menyumbang stadion untuk pesta sepak bola terbesar sejagad tersebut.

Sementara kota Al Khor dipilih menjadi lokasi pembukaan Piala Dunia 2022. Kemudian kota Lusail akan menjadi tempat pertandingan final sekaligus penutup Piala Dunia 2022.

Stadion Piala Dunia 2022 akan berbeda dari yang lain. Teknologi yang digunakan semakin canggih menyusul lokasi acara dengan hawa panas khas Timur Tengah.

Salah satu teknologi yang dimiliki adalah stadion dengan atap yang bisa dibuka-tutup dan pendingin udara. Dalam laporan Sport Bible, seluruh stadion Piala Dunia Qatar 2022 dilengkapi dengan pendingin di sekitar lapangan untuk mengusir udara panas.

1. Stadion Lusail

Stadion Lusail menjadi arena Piala Dunia 2022 dengan kapasitas terbesar. Stadion bernama lengkap Lusail Iconic Stadium itu bisa menampung total 86 ribu penonton.

Pembangunan stadion berlokasi di kota Lusail itu dimulai pada 2017 dan selesai pada 2021. Stadion Lusail memiliki fasilitas pendingin atau AC di dalam arena dengan listrik bertenaga matahari sehingga diklaim tidak meninggalkan jejak karbon atau gas emisi sehingga ramah lingkungan.

BACA JUGA:   Argentina Juara Dunia FIFA 2022!

Kapasitas yang besar menjadikan Stadion Lusail sebagai lokasi pertandingan final Piala Dunia 2022. Stadion Lusail juga akan menjadi lokasi enam pertandingan babak penyisihan dan satu pertandingan di setiap fase gugur.

2. Stadion Al Bayt

Stadion Al Bayt terletak di kota Al Khor. Arena ini akan menjadi lokasi upacara pembukaan Piala Dunia 2022 pada 20 November mendatang.

Stadion berkapasitas 60 ribu penonton itu memiliki sertifikat ramah lingkungan dan beberapa fasilitas mewah. Terdapat hotel bintang lima di dalam stadion dengan pemandangan langsung ke dalam lapangan.

Selain itu, terdapat fitur atap yang bisa terbuka dan tertutup sesuai dengan kebutuhan selama acara atau pertandingan berlangsung. Stadion Al Bayt dibangun pada 2014 dan selesai pada November 2021.

3. Stadion 974

Stadion 974 terletak di kota Doha. Bahan bangunan arena berkapasitas 40 ribu orang itu menjadi daya tarik tersendiri.
Sebelumnya lapangan itu bernama Ras Abu Aboud Stadium. Namun pada November 2021 nama stadion berubah menjadi Stadion 974 karena bahan utama pembangunan stadion.

Arsitek menggunakan 974 kontainer bekas berukuran besar yang biasa dipakai untuk bongkar muat di pelabuhan sebagai bahan utama. Itu karena lokasi stadion berada persis di tepi pantai Ras Abou Aboud.

BACA JUGA:   Diikuti 144 Pesepeda, Gowes HUT Bhayangkara Sejauh 508 Km Raih Rekor MURI

4. Stadion Al Thumama

Stadion Al Thumama terletak di kota Doha. Sekilas dari ketinggian arena ini nampak seperti donat raksasa berwarna putih.

Desain yang terinspirasi dengan topi tradisional Qatar “Taqiyah’ menjadi alasan bentuk stadion berkapasitas 40 ribu penonton. Separuh kapasitas kursi juga bisa dilepas dan nantinya akan disumbangkan ke negara yang membutuhkan.

Lokasi stadion yang dekat dengan Bandara Internasional Hamad memudahkan akses tim dan penonton yang ingin datang langsung.

5. Stadion Khalifa International

Stadion Khalifa International sudah eksis sejak 1976. Arena yang pernah dipakai untuk Asian Games 2006 itu mengalami berbagai renovasi.

Stadion ini dibangun dengan konsep multicabang untuk menjadi arena loka tanding olahraga lain. Arsitek sengaja memasang semacam rangka berbentuk busur agar memungkinkan pertunjukan kembang api.

Perbaikan besar-besaran dilakukan saat Stadion Khalifa International menjadi salah satu arena Piala Dunia 2022. Salah satunya adalah peningkatan kapasitas dua kali lipat dari 20 ribu menjadi 45 ribu penonton.

6. Stadion Education City

Stadion Education City terletak di Al Rayyan di sisi Doha. Lokasi arena yang dikelilingi beberapa sekolah menjadi dasar penamaan lapangan berkapasitas 45 ribu penonton itu.

Awalnya, stadion yang biasa dipakai untuk kompetisi kampus hanya berkapasitas 25 ribu orang. Setelah ditunjuk menjadi salah satu venue Piala Dunia, renovasi besar-besarann dilakukan.

BACA JUGA:   Rekap Hasil Pertandingan Grup A dan B, Belanda, Senegal, Inggris, AS Lolos 16 Besar

Desain ramah lingkungan menjadi nafas dari pembangunan stadion ini. Tak ayal Stadion Education City mendapat sertifikat bintang lima dalam aspek keberlanjutan.

7. Stadion Ahmad bin Ali

Stadion yang terletak di Al Rayyan ini sudah dibangun sejak 2003. Namun usai terpilih menjadi arena Piala Dunia 2022, markas klub Al Rayyan SC sempat dirobohkan dan didirikan bangunan baru.

Kapasitas stadion yang tadinya hanya 20 ribu kursi ditingkatkan menjadi 40 ribu. Kemudian desain eksterior juga dibuat seindah mungkin.

Salah satu keunikan stadion ini adalah bagian eksterior yang bisa menyala warna-warni. Tak hanya itu bagian eksterior juga bisa menjelma menjadi layar raksasa untuk menyajikan cuplikan pertandingan di dalamnya.

8. Stadion Al Janoub

Stadion Al Janoub terletak di kota Al Wakrah. Arena ini direnovasi besar-besaran usai terpilih menjadi salah satu stadion Piala Dunia 2022.

Salah satu perubahan yang mencolok adalah bagian eksterior yang diklaim terinspirasi dari bentuk gurun pasir di Timur Tengah. Kapasitas stadion juga ditingkatkan menjadi 40 ribu kursi.

Namun setelah Piala Dunia 2022 selesai bergulir. Separuh kapasitas kursi penonton bisa dilepas dan akan disumbangkan ke negara yang membutuhkan.

  • Bagikan
306 views