PPKM Dicabut, Jokowi: Harus Tetap Waspada dan Hati-Hati!

  • Bagikan

Regional.co.id, JAKARTA: Presiden Joko Widodo mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai 30 Desember 2022 seiring semakin melandainya kasus penyebaran Covid-19 dan kesiapan Indonesia menuju fase endemi.

Presiden RI Joko Widodo meminta masyarakat tetap berhati-hati dan waspada lantaran risiko penularan COVID-19 masih mengancam.

“Pertama, masyarakat harus meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan dalam menghadapi risiko COVID-19, pemakaian masker di keramaian dan ruang tertutup harus tetap dilanjutkan,” terang Jokowi saat konferensi pers terkait Pencabutan PPKM di Istana Negara Jakarta pada Jumat, 30 Desember 2022.

Protokol kesehatan seperti memakai masker dan kesadaran masyarakat untuk vaksinasi COVID-19 harus terus digalakkan selepas pencabutan PPKM yang resmi berlaku per 30 Desember 2022 kemarin. Vaksinasi lengkap (dosis 1 dan 2) beserta booster harus dilengkapi.

BACA JUGA:   Hore, Turis Indonesia ke Singapura Bebas Karantina!

“Kesadaran vaksinasi harus terus digalakkan, karena ini akan membantu meningkatkan imunitas dan masyarakat harus semakin mandiri dalam mencegah penularan, mendeteksi gejala dan mencari pengobatan.”

Kepada fasilitas kesehatan (faskes) di tiap wilayah, Jokowi juga berpesan agar tetap siaga. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 harus tetap berjalan. 

“Kedua, aparat dan lembaga pemerintah tetap harus siaga. Fasilitas kesehatan di semua wilayah harus siap siaga dengan fasilitas dan tenaga kesehatan,” pesannya.

“Pastikan mekanisme vaksinasi di lapangan tetap berjalan, utamanya vaksinasi booster dan dalam masa transisi ini.”

Adanya pencabutan PPKM, Jokowi menekankan masyarakat tidak perlu khawatir soal bantuan sosial (bansos). Bansos akan tetap dilanjutkan sampai tahun 2023.

BACA JUGA:   Penduduk Indonesia Sudah Vaksin Lengkap Capai 84 Juta Orang

Selain itu, ketersediaan vitamin dan obat-obatan untuk mendukung penanganan pasien COVID-19 juga tetap disalurkan.

“Walaupun PPKM dicabut ini juga perlu saya sampaikan, jangan sampai ada kekhawatiran, bansos akan tetap dilanjutkan. Bansos selama PPKM sebelumnya akan dilanjutkan di tahun 2023,” lanjut Jokowi.

“Bantuan vitamin dan obat-obatan akan tetap tersedia di faskes yang ditunjuk dan beberapa insentif insentif pajak dan lain-lain juga akan terus dilanjutkan.”

  • Bagikan
84 views