Kado Pahit Awal Tahun 2023: Batam Blackout!

  • Bagikan

Regional.co.id, BATAM: Apel siaga yang digelar PT PLN Batam pada 23 Desember 2022 lalu sebagai wujud kesiapan pasokan listrik selama libur Natal dan Tahun Baru seperti tak berarti.

Tepat pada 1 Januari 2023 dini hari sekitar pukul 4 subuh, sistem kelistrikan Batam-Bintan lumpuh total dan menyebabkan listrik mati seluruh pulau.

Ratusan ribu pelanggan PLN Batam di kedua pulau ini panik luar biasa karena pemadaman listrik yang terjadi selama lebih kurang delapan jam menyebabkan sistem distribusi air bersih dan menara telekomunikasi ikut-ikutan lumpuh.

Dari pagi hingga siang warga yang tak siap dengan keadaan pun dibikin repot karena tidak bisa mandi dan berkirim pesan karena tidak ada sinyal.

Direktur Utama PT PLN Batam, Muhammad Irwansyah Putra, menyampaikan, dalam apel siaga Kelistrikan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ini, bright PLN Batam menyiapkan petugas, armada, peralatan hingga posko.

BACA JUGA:   Pendapatan Daerah Provinsi DKI Tahun 2023 Tembus Rp71 Triliun

“Sebaran lokasi pengamanan yakni 17 gereja, 8 kantor instansi militer, 6 kantor pemerintah dan BUMN, 3 pusat keramaian, 13 rumah sakit, 50 hotel dan tempat wisata, bandara dan 7 pelabuhan,” katanya.

Sementara Walikota Batam Muhammad Rudi menyampaikan, kebutuhan listrik saat Natal dan Tahun Baru sangat penting untuk kenyamanan warga Batam.

Tak hanya untuk masyarakat, kebutuhan listrik juga penting untuk dunia investasi. Kebutuhan listrik menjadi salah satu penunjang kelancaran para pengusaha.

Saat memimpin Apel Siaga Kelistrikan Natal dan Tahun Baru PT PLN Batam di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Walikota Batam Muhammad Rudi mengingatkan agar jangan ada pemadaman listrik menjelang Natal dan Tahun Baru.

BACA JUGA:   Gubernur Kepri Tetapkan UMP 2023 sebesar Rp3,279 juta

“Jangan sampai listrik mati, saya optimistis dengan personel yang banyak dan alat mumpuni yang dimiliki PLN Batam, kebutuhan listrik di Batam aman,” sebutnya.

Namun kekhawatiran Rudi seperti terwujud, tanggal 1 Januari listrik padam menyebabkan Batam lumpuh total.

Corporate Secretary PLN Batam Hamidi Hamid menyampaikan permintaan maaf atas kejadian yang menimpa pelanggan PLN Batam di Batam Bintan.

Dia menjelaskan pada pukul 04.00 WIB terjadi gangguan sistem kelistrikan Batam-Bintan Semua unit pembangkitan, distribusi dan petugas di lapangan tengah fokus pada pemulihan sistem kelistrikan, dan melakukan analisa penyebab gangguan yang menyebabkan sebagian wilayah Batam- Bintan mengalami pemadaman listrik.

BACA JUGA:   MUI Jabar Himbau Warga Sholat Ghaib Hari Jumat ini, Doa Untuk Eril

“Saat ini kami sedang melakukan pemulihan secara bertahap. Dapat kami informasikan bahwa saat ini petugas teknis juga terus melakukan upaya penanganan agar sistem kelistrikan Batam berangsur pulih kembali,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Terkait penyebab padam, PT PLN Batam sedang melakukan pengecekan secara menyeluruh. Meski begitu ada beberapa wilayah Batam dan Bintan secara bertahap sudah kembali menyala.

Sampai hari ini, belum ada penjelasan resmi mengenai penyebab pemadaman listrik pada awal tahun. Ini seperti menjadi kado pahit di awal 2023.

Menyikapi situasi tersebut, Komisi III DPRD Provinsi Kepri berencana memanggil manajemen PT PLN Batam pada Selasa, 3 Januari besok untuk mendapatkan keterangan rinci mengenai penyebab pemadaman total.



  • Bagikan
90 views