Sistem Kelistrikan Pulih, PLN Batam Pastikan Tidak ada Pemadaman

  • Bagikan
PLTU Tanjung Kasam kapasitas 2x55 MW mulai beroperasi normal dan masuk dalam sistem kelistrikan Batam-Bintan

Regional.co.id, BATAM: PT Pelayanan Listrik Nasional Batam memastikan sistem kelistrikan Batam-Bintan sudah pulih 100% setelah selama dua hari pelanggan listrik di kota ini mengalami pemadaman bergilir sejak Minggu, 1 Januari 2023.

Corporate Secretary PT PLN Batam, Hamidi Hamid mengatakan tulang punggung kelistrikan Batam dan Bintan yaitu pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Tanjung Kasam unit 1 dan 2 berkapasitas 99 megawatt (MW) dan pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) Tanjung Uncang 1 dan 2 dan STG berkapasitas 120 MW kini kembali memasok listrik ke dalam sistem.

“Dengan bergabungnya dua pembangkit besar tersebut maka 16 gardu induk dan 16 transmisi, serta 508 ribu pelanggan sudah mendapat pasokan listrik secara normal,” kata Hamidi, dalam siaran persnya, Selasa 3 Januari 2023.

BACA JUGA:   Polisi Tetapkan Penjabat Walikota Tanjungpinang Sebagai Tersangka Kasus Sengketa Lahan

Pada 1 Januari 2023 dini hari, sistem kelistrikan PLN Batam lumpuh total akibat berhentinya operasi pembangkit dan 16 gardu induk di jaringan Batam-Bintan. Perusahaan listrik itu bergerak cepat memulihkan kelistrikan dengan mengerahkan seluruh personel siaga dan mengaktifkan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang ada di Batam untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Tercatat saat ini daya mampu pasok di sistem Batam-Bintan sebesar 504,2 MW dan beban puncak 472,9 MW dengan cadangan daya 31,3 MW. Sampai dengan pukul 9 malam ini (03/01), daya mampu PLN Batam sudah mencapai 520 MW, dengan perkiraan beban puncak hingga tengah malam nanti sebesar 516 MW, sedangkan realisasi beban sampai jam 9 malam ini masih berada di level 465 MW.

BACA JUGA:   Kepri Jadi Tujuan Investasi PLTS, Pemprov Dorong Investor Bangun Industri Baterai dan SolarPanel

PLN Batam juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh masyarakat serta memohon dukungan serta doa dari masyarakat agar sistem kelistrikan dapat berlangsung aman.

“Jika membutuhkah layanan atau kanal pengaduan dari PLN Batam dapat diakses melalui contact center 123,” kata Hamidi.

  • Bagikan
92 views