Sarapan Bagi Penderita Diabetes, Simak 4 Menu Ini!

  • Bagikan
Bowl of homemade granola with yogurt and fresh berries on wooden background from top view

Sarapan bukan cuma baik untuk aktivitas, tapi juga baik menjaga kesehatan Anda. Ada beberapa sarapan untuk penderita diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan mampu menekan risiko diabetes tipe-2.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition itu menyimpulkan bahwa kebiasaan melewatkan sarapan dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terserang diabetes tipe-2.

“Beberapa penelitian juga mengaitkan kebiasaan melewatkan sarapan dengan peningkatan gula darah,” ujar ahli diet dari Ohio University, Jenna Freeman Scudder.

Sayangnya, tak semua orang sadar akan pentingnya sarapan. Sebuah jajak pendapat menemukan bahwa 53 persen orang Amerika Serikat melewatkan sarapan setidaknya sekali dalam sepekan. Sementara 12 persen di antaranya sama sekali tak sarapan.

BACA JUGA:   Hasil Survei, Berkarir di Bidang Medis Lebih Prospektif pada Masa Depan

“Memulai hari dengan makanan yang tidak sehat bukan ide yang baik,” ujar Scudder.

Apa saja sarapan untuk penderita diabetes?

1. Oatmeal

Scudder merekomendasikan untuk menjadikan oatmeal sebagai menu sarapan harian.

Makanan satu ini dianggap sebagai pilihan sehat lantaran kandungan serat yang ada di dalamnya dapat membantu memberikan perasaan kenyang sekaligus mengurangi kolesterol.

“Hindari jenis oatmeal beraroma yang mengandung gula ekstra,” kata Scudder.

Jika oatmeal dirasa terlalu hambar, Scudder menyarankan Anda untuk mencampurnya dengan madu, buah segar, atau kacang-kacangan.

2. Telur

Telur merupakan makanan rendah kalori dan mengandung banyak protein. Penelitian di 2018 lalu menunjukkan bahwa penderita diabetes yang makan 7 telur per minggu bisa mempertahankan gaya hidup sehat mereka.

BACA JUGA:   Anda Menderita Vertigo, Coba 5 Pengobatan Alami Berikut!

3. Greek Yogurt

Greek yogurt dipercaya punya banyak khasiat. Menurut berbagai penelitian, konsumsi produk susu akan meningkatkan kontrol gula darah dan menurunkan kadar gula darah.

4. Tahu

Tahu adalah pilihan sarapan serbaguna, murah meriah, dan enak. Tahu memiliki kandungan karbohidrat yang rendah namun banyak protein dan lemak. Tahu juga termasuk sarapan untuk penderita diabetes yang mudah diolah.

  • Bagikan
116 views