Pasca Pencabutan PPKM, Ekonomi dan Pariwisata Mulai Bergeliat

  • Bagikan

Regional.co.id, JAKARTA: Aktivitas perekonomian dan pariwisata di tanah air mulai bergeliat pasca pencabutan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sejak beberapa bulan lalu.

Menurut pengamatan Presiden Joko Widodo, geliat ekonomi dan pariwisata tersebut dapat dilihat dengan semakin ramainya arus wisatawan baik asing dan domestik yang masuk mengunjungi destinasi wisata yang ada di tanah air.

“Saya melihat di Manado sudah mulai banyak wisatawan, di Bali mulai pesawat-pesawat datang bawa wisatawan, wisatawan lokal juga sangat terlihat sekali,” kata Jokowi saat membuka pidato dalam rapat terbatas di Istana Negara Jakarta, Senin (30/1/2023).

BACA JUGA:   Orang Miskin 'Doyan' Merokok Ketimbang Beli Makanan Bergizi

Memantau pergerakan tersebut, Jokowi lalu meminta menteri terkait untuk melaporkan bagaimana dampak dengan peningkatan investasi di sejumlah wilayah potensi wisata seperti Labuan Bajo, Mandalika, Toba dan Kupang.

“Untuk investasi saya minta Menko Maritim dan Investasi menyampaikan mengenai hal-hal yang perlu kita lakukan di 2023 terutama terobosan dalam meningkatan investasi,” jelas Jokowi.

Selain soal pariwisata dan investasi, Kepala Negara juga mengingatkan kepada jajaran kementeriannya soal dampak PPKM dengan inflasi. Jokowi mencatat, terdapat kenaikan harga barang dan jasa yang mulai tampak dan harus diwaspadai.

“Pertama urusan beras, kedua berkaitan dengan minyak, minyak goreng dilihat betul,” ujar Presiden.

BACA JUGA:   Presiden Jokowi: Tahun Depan Akan Semakin Sulit!

Terpantau hadir dalam rapat tersebut, seperti Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Komunikasi Johnny Plate dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

  • Bagikan
101 views