Pesawat Susi Air Dibakar KKB Papua, Nasib Lima Awak Belum Jelas!

  • Bagikan

Regional.co.id, PAPUA: Pesawat milik Susi Air jenis Pilatus Porter diduga dibakar oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan SI 9368 tersebut diduga dibakar saat berada di Lapangan Terbang Paro.

Susi Pudjiastusi selaku pemilik Susi Air pun angkat bicara terkait hal tersebut. Susi Pudjiastusi meminta dukungan agar pilot pesawat Susi Air yang dibakar bisa dijemput dengan selamat.

“Mohon dukungan & doa semoga pilot kami di Nduga Paro diberikan lindungan Alloh SWT .. bisa kami jemput selamat,” kata Susi Pudjiastusi dikutip dari akun Twitter @susupudjiastuti, Selasa (7/2/2023).

BACA JUGA:   Banding Ditolak Hakim, Sambo Tetap Dihukum Mati

Selain itu, Susi juga memohon doa agar para penumpang pesawat Susi Air tersebut selamat.

“Mohon doakan dan dukungannya. Dengan segala kerendahan hati dan atas nama kemanusiaan ..Kami mohon keselamatan pilot & penumpang PK BVY,” lanjut Susi Pudjiastuti.

Sebelumnya, kabar mengenai pesawat susi Air dibakar di Nduga Papua Pegunungan ini dibenarkan oleh Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri. 

“Memang benar ada laporan tentang pesawat milik Susi Air yang dibakar KKB di Paro, Kabupaten Nduga,” kata Mathius Fakhiri dikuti dari Antara, Selasa (7/2/2023).

Mathius pun menjelaskan kronologi pesawat Susi Air dibakar di Papua tersebut. Pesawat ini tersebut terbang dari Timika pukul 05.33 WIT dan dijadwalkan tiba ke Bandara Moses Kilangin Timika pukul 07.40 WIT.

BACA JUGA:   UII Desak Pemerintahan Jokowi Berhenti Menyalahgunakan Kekuasaan

“Dari pengecekan yang dilakukan dari udara, terlihat pesawat terbakar di ujung Lapangan Terbang Paro,” kata Irjen Pol. Fakhiri.

Pesawat dipiloti Capten Philips M. berkebangsaan Selandia Baru membawa lima penumpang, termasuk seorang bayi. Namun saat ditanya kondisi pilot dan penumpang, Kapolda Papua mengaku belum dapat dipastikan.

“Belum diketahui nasib pilot beserta lima penumpang lainnya,” kata Kapolda Papua.

Ia menyebutkan nama lima penumpang pesawat milik Susi Air, yaitu Demanus Gwijangge, Minda Gwijangge, Pelenus Gwijangge, Meita Gwijangge, dan​​​​​​​ Wetina W.

Sementara itu, pada kesempatan terpisah, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyebut tim gabungan masih terus mencari keberadaan pilot dan penumpang Susi Air yang pesawatnya dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Nduga, Papua.

BACA JUGA:   Masa Berlaku Paspor Jadi 10 Tahun, Simak Cara dan Syarat Pembuatannya!

“Terkait dengan perkembangan pilot dan penumpang yang diamankan KKB saat ini tim Operasi Damar Cartenz memang sedang dalam pencarian,” kata Listyo di Istana Merdeka Jakarta, dikutip dari Antara, Selasa (7/2/2023).

  • Bagikan
49 views