BI Checking Sudah Ganti, Begini Cara Cek Skor Kredit Anda!

  • Bagikan

Regional.co.id, JAKARTA: Mengecek riwayat kredit masyarakat sudah tidak lagi menggunakan BI Checking. Karena layanan itu diganti menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan OJK atau SLIK.

OJK telah meluncurkannya lewat laman idebku.ojk.go.id. Layanan terintegrasi dengan Kantor Pusat dan Kantor Regional dalam satu wadah.

Untuk mengecek informasi tersebut, masyarakat harus lebih dulu mendaftar di situs Idebku. Akses web bisa dilakukan melalui browser pada ponsel maupun laptop.

Cara Menggunakan Idebku

Simak tahapan pendaftarannya berikut ini:

1. Akses Laman idebku.ojk.go.id

Situs bisa diakses melalui browser di ponsel maupun laptop. Setelah mengaksesnya, maka akan dibawa ke laman utama. Berikutnya klik tombol Pendaftaran.

2. Menu Cek Ketersediaan Layanan

BACA JUGA:   6 BUMN Sakit Terancam Dibubarkan, Ini Profilnya!

Langkah berikutnya adalah masuk ke Cek Ketersediaan Layanan. Masukkan data seperti Jenis Debitur, Kewarganegaraan, Jenis Identitas Debitur, dan Nomor Identitas yang dipilih. Terakhir masukkan Captcha.

Klik tombol Selanjutnya. Anda akan melihat akan ada kuota antrean, jika belum tersedia maka tidak bisa melanjutkan langkah berikutnya. Masyarakat akan diminta mencoba beberapa saat kemudian jika kuota habis.

CNBC Indonesia juga sempat mengalami hal itu dan tidak lama kemudian mencobanya lagi. Situs itu kembali meminta memasukkan data yang sama dan kemudian dialihkan pada menu berikutnya.

3. Menu Data Registrasi

Di dalam menu, isi beberapa data diri. Dari nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, alamat, provinsi serta kabupaten, email aktif, dan nomor handphone. Pilih juga salah satu opsi tujuan permohonan informasi dan nama kandung debitur. Terakhir klik tombol Selanjutnya.

BACA JUGA:   Punya 63 Juta Followers, Nagita Slavina Resmi Diangkat CEO Esteh Indonesia

4. Unggah Foto

Langkah berikutnya adalah unggah beberapa foto yakni identitas asli, foto diri dengan kartu identitas, dan foto diri. Setiap foto yang diupload harus berukuran maksimal 4MB atau tidak bisa melanjutkan ke menu berikutnya.

Setelah selesai mengunggah seluruh foto, klik tombol Selanjutnya.

5. Ajukan Permohonan

Tahapan selanjutnya, pastikan data email telah terisi dengan benar. Email akan digunakan untuk menginformasikan riwayat SLIK.

Untuk mengubah data, klik tombol Kembali. Jika semua sudah sesuai, beri tanda checklist pada keterangan seluruh data yang disampaikan benar dan akan tunduk pada syarat serta ketentuan yang berlaku. Berikutnya klik Ajukan Permohonan.

BACA JUGA:   Punya 63 Juta Followers, Nagita Slavina Resmi Diangkat CEO Esteh Indonesia

Setelah itu akan ada informasi pendaftaran telah selesai. Pada bagian bawah layar akan terlihat nomor pendaftaran yang bisa disalin atau copy, caranya dengan klik Salin Kode Pendaftaran atau tombol Tutup untuk menutup jendela notifikasi.

Jika ingin mengecek status permohon tekan Status Layanan di laman utama. Masukkan nomor pendaftaran dan akan ada status terkini.

OJK menjelaskan proses permohonan akan dikirimkan melalui email paling lambat 1 hari setelah permintaan dilakukan.

  • Bagikan
83 views