Filianingsih Hendarta Terpilih Jadi Deputi Gubernur BI

  • Bagikan

Regional.co.id, JAKARTA: Komisi XI DPR secara musyawarah untuk mufakat memutuskan Filianingsih Hendarta sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) terpilih, menggantikan Dody Budi Waluyo yang masa jabatannya selesai pada April 2023.

Dalam uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi XI DPR pada Senin (13/02/2023) ada dua calon Deputi Gubernur BI yaitu Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Filianingsih Hendarta dan Kepala Departemen Regional Bank Indonesia, Dwi Pranoto.

Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Golkar Muhammad Misbakhun mengatakan Filianingsih Hendarta dipilih karena sesuai dengan pertimbangan rapat internal antar Kepala Kelompok Fraksi (Kapoksi).

BACA JUGA:   Tahun 2025, Jatuh Tempo Utang Pemerintah Tembus Rp800,33 Triliun



”Ya pertimbangannya tadi rapat internal antar Kapoksi dan diputuskan secara aklamasi,” ucap Misbakhun di Gedung DPR pada Senin (13/02/2023).

Komisi XI DPR memiliki banyak pertimbangan saat menentukan calon Deputi Gubernur BI dan Filianingsih dinilai sudah memenuhi kriteria. Selanjutnya Komisi XI akan melaporkan dan membawa hasil keputusan ini dalam rapat paripurna. “Inikan pimpinan Komisi XI harus lapor, kemudian dilaporkan ke Paripurna berikutnya,” tutur Misbakhun.

Wakil Ketua Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan Amir Uskara mengatakan Filianingsih dipilih menjadi Deputi Gubernur BI karena dari sisi kredibilitas memiliki kemampuan yang sesuai dengan kriteria BI. Fili juga dinilai memiliki kemampuan di sisi moneter dengan baik.

BACA JUGA:   PAD Tembus Rp213 Triliun, Menkeu Sri: Ekonomi Mulai Pulih!

“Pertama sangat menguasai moneternya, sistem pembayarannya dan itu yang sedang dibutuhkan BI jadi teman-teman akhirnya sepakat secara aklamasi memilih Bu Fili untuk jadi Deputi Gubernur BI,” kata Amir.

Dia mengatakan kebijakan BI sudah berjalan sesuai rencana, namun tetap perlu ditingkatkan. Dalam hal ini kehadiran Filianingsih sebagai Deputi Gubernur BI diharapkan akan meningkatkan kinerja bank sentral.

“Kami melihat apa yang ada di BI sekarang sudah on the track jadi tinggal meningkatkan kinerja. Kami ingin (BI) lebih bagus dari yang ada saat ini tapi sekali lagi itu meningkatkan kinerja yang ada,” kata Amir.

BACA JUGA:   Harga BBM Naik, Waspada Inflasi Bisa Tembus 8%
  • Bagikan
152 views