Pawang Ular Tewas Dipatuk King Cobra

  • Bagikan

Regional.co.id, BANJARMASIN: Pendiri sekaligus Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia, Aji Rachmat Purwanto meninggal dunia karena digigit ular king kobra. Aji Rachmat meninggal dunia pada Selasa (14/2/2023) dini hari, setelah dua hari dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Instruktur dan pawang ular kobra ini digigit king kobra saat menggelar pelatihan menangani ular di depan Gedung Pramuka, Jalan Anang Adenansi, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Minggu (12/2/2023) sore.

Inilah Video Dokumentasi dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banjarmasin, saat Aji Rahmat Purwanto memberikan Pelatihan penanganan menghadapi ular.

BACA JUGA:   Massa GNPR Demo Bela Rempang di Jakarta, Desak Proyek Eco City Distop!

Saat itu Aji memberikan pelatihan kepada sejumlah peserta yang terdiri dari anggota Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) serta anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin.

Ketua tim Animal Rescue Banjarmasin, Anang Dwi Jatmiko, saat ditemui Selasa (14/2/2023) Siang, mengatakan, pihaknya turut melakukan berbagai upaya agar Aji Rachmat sembuh dari gigitan ular king kobra tersebut.

Bahkan pihaknya mendatangkan serum atau antiracun dari jakarta dan sudah sempat memberikan satu dosis, pada Senin (13/2/2023) kemarin. Namun, racun king kobra tersebut ternyata sudah menyebar ke seluruh tubuh sehingga nyawa Aji Rachmat tidak tertolong.

BACA JUGA:   Anggaran Bukber Pemko Batam Rp1,2 Miliar Dibatalkan, Netizen: Begitu ya Selama ini!

“Mas Aji digigit king kobra Minggu Sore, langsung dibawa ke ICU RSUD Ulin. Kita sudah melakukan berbagai upaya untuk menyembuhkannya, kita juga sudah mendatangkan serum dari Jakarta dan sempat memberikan satu dosis. Sayangnya racun king kobra sudah menyebar,” jelasnya.

Anang menduga, king kobra menggigit Aji karena stres dan kelelahan. Hal ini karena saat pelatihan itu, Aji memperbolehkan peserta ikut memegang ular tersebut. Jasad pawang ular ini telah dibawa ke Kampung halamannya di Jawa Tengah pada Selasa (14/2/2023) pagi untuk disemayamkan dan dimakamkan.

  • Bagikan
175 views