Dinilai Berhasil, Jokowi Usulkan Kembali Perry Warjiyo Jadi Gubernur BI Periode 2023-2028

  • Bagikan
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo

Regional.co.id, JAKARTA: Presiden Joko Widodo dikhabarkan akan mengusulkan kembali nama Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia untuk periode 2023-2028.

Mengutip Reuters, Presiden Jokowi hanya memasukkan nama Perry Warjiyo untuk melakukan fit and proper test di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Menurut sumber tersebut, tidak ada nama lain yang diajukan Presiden ke DPR.

Kemarin, Presiden Joko Widodo telah menyatakan bahwa istana akan segera mengirimkan nama ke DPR pada minggu ini.

“Kita putuskan hari ini atau besok. Nama-nama sudah masuk,” kata Jokowi usai mengecek normalisasi Kali Ciliwung, Selasa (21/2/2023).

Jelang pemilihan Gubernur BI, sebenarnya banyak nama yang digadang-gadang masuk daftar. Mereka a.l. Menteri Keuangan Sri Mulyani, Ketua LPS Purbaya Sadewa dan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, atau akrab dipanggil Tiko.

BACA JUGA:   Gagal Turunkan Angka Kemiskinan, Kemana Duit Bansos Rp500 Triliun?

Perry Warjiyo sendiri memiliki rekam jejak yang bagus selama memimpin bank sentral pada periode pertama. Kepemimpinan Perry juga terbukti mampu membawa perbaikan ekonomi dari sisi moneter terutama selama masa pandemi dan ketika memimpin delegasi Indonesia dalam pertemuan Minister Finance and Central Bank Governor (FMCBG) dalam rangkaian presidensi G-20 di Indonesia.

Ketentuan mengenai perpanjangan masa jabatan sudah diatur dalam UU Nomor 23 tahun 1999 jo. UU Nomor 3 Tahun 2004 tentang Bank Indonesia. Dewan Gubernur dapat diangkat kembali sebanyak-sebanyaknya dua kali masa jabatan.

Jika DPR menyetujui usulan Presiden Jokowi tersebut, maka Perry Warjiyo akan menjadi Gubernur BI terlama kedua setelah Rahmat Saleh yang memimpin BI selama 10 tahun pada periode 1973 – 1983.

BACA JUGA:   Bayang-Bayang Resesi Global Tahun Depan, Bagaimana Kondisi Indonesia?

  • Bagikan
24 views