Keren! Dua Artis Terbaik Asia Rebut Piala Oscar

  • Bagikan

Regional.co.id, LOS ANGELES: Michelle Yeoh mencatatkan rekor sebagai orang Asia pertama yang mampu menggenggam Piala Oscar untuk Artis Terbaik.

Rekor luar biasa tersebut menambah deretan aktor/aktris Aisa atau keturunan Asia yang mampu menjadi yang terbaik di ajang penghargaan film termegah di Amerika Serikat (AS).

Tak hanya Michele, Ke Huy Quan juga berhasil meraih penghargaan Untuk kategori Best Actor in Supporting Role” atau aktor pendukung terbaik pada hari ini, Senin (13/3/2023). Ke Huy Quan merupakan aktor keturunan Vietnam-Amerika.

Diketahui, Ke Huy Quan pertama kali terkenal sebagai aktor cilik lewat perannya sebagai Short Round dalam film Indiana Jones and the Temple of Doom pada tahun 1984.

BACA JUGA:   Tren Konsumsi Kopi Meningkat, Bisnis CoffeeShop Kian Menjamur

Dalam sejarah Academy Award piala Oscar yang telah berjalan selama lebih 90 tahun terakhir tepatnya dimulai tahun 1929, tercatat hanya ada 23 orang aktor Asia yang mampu masuk nominasi penghargaan tersebut.

Kendati demikian, hanya ada enam aktor/aktris Asia dan keturunan Asia yang mampu meraih piala Oscar dari deretan yang mendapatkan nominasi.

Termasuk dalam kategori ini adalah Ben Kingsley. Aktor Inggris keturunan India ini meraih Piala Oscar untuk kategori Pemeran Utama dalam film Gandhi.

Siapa saja aktor/Asia atau keturunan Asia yang pernah meraih Oscar? simak jajarannya.

Miyoshi Umeki (Jepang)Best Supporting Actress “Sayonara” (1957)
Ben Kingsley (India)Best Actor, “Gandhi” (1983)
Haing S. Ngor (Kamboja)Best Supporting Actor “The Killing Fields” (1984)
Yuh-Jung Youn (Korea Selatan)Best Supporting Actress “Minari” (2021)
Ke Huy Quan (Vietnam)Best Supporting Actor “Everything Everywhere All at Once” (2023)
Michelle Yeoh (Malaysia)Best Actress, “Everything Everywhere All at Once” (2023)

  • Bagikan
168 views