Antisipasi Lonjakan Kebutuhan Jelang Lebaran, BI Kepri Siapkan Uang Tunai Rp1,9 Triliun

  • Bagikan

Regional.co.id, BATAM: Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kepulauan Riau (Kepri) menyiapkan uang tunai sekitar Rp 1,9 triliun untuk kebutuhan masyarakat di tujuh kabupaten dan kota di Provinsi Kepri selama puasa hingga dan Hari Raya Idul Fitri 2023.

“Kebutuhan uang di Ramadhan 2023 ini meningkat dibandingkan realisasi 2022 yang sebesar Rp 1,7 triliun. Naik sekitar 11,7 persen, ” kata Kepala Kantor Bank Indonesia wilayah Kepri Suryono saat peluncuran Serambi Ramadan, di Kantor Bank Indonesia Batam, Senin (27/3/2023).

Peningkatan ini ditetapkan berdasarkan angka asumsi makro dan tren realisasi tahun sebelumnya secara historis. Selain itu, perkiraan peningkatan kebutuhan uang disebabkan oleh adanya pencabutan status PPKM oleh pemerintah.

BACA JUGA:   20 BUMN Masuk Daftar Fortune 100, Erick: Makin Percaya Diri!

“Pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik setelah Covid-19, tentunya harus didukung dengan uang yang cukup dan layak edar, ” ucap Suryono.

Peningkatan mobilitas masyarakat pada momen mudik Lebaran yang juga mendorong peningkatan kebutuhan uang kartal menjadi lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Selain itu Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau memastikan kebutuhan uang kartal bagi masyarakat, baik secara jumlah maupun pecahan, selama periode Ramadhan dan Idulfitri 2023 dapat terpenuhi. Selama periode Ramadhan dan idulfitri 2023.

Dalam rangka memastikan kebutuhan uang periode Ramadhan dan idulfitri 2023, secara nasional Bank Indonesia menyelenggarakan kegiatan dengan tajuk SERAMBI 2023 (Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah IdulFitri tahun 2023).

BACA JUGA:   Presiden Jokowi: Tahun Depan Akan Semakin Sulit!

SERAMBI 2023 dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mencapai 3 (tiga) hal, yaitu:

  1. Pemenuhan Kebutuhan Uang: Kecukupan kebutuhan uang untuk masyarakat melalui perbankan dengan jumlah yang cukup, pecatan yang sesuar, dan dalam kondisi yang layak edar.
  2. Terlaksananya Layanan Kas: Pelaksanaan layanan penukaran uang bagi masyarakat berupa Kas Keliling, penukaran bersama Bank Indoneua dan perbankan, serta pelayanan penukaran uang di kantor-kantor perbankan.
  3. Edukasi dan Komunikasi: Kegiatan berupa edukasi untuk mermmngkatkan awareness masyarakat terkart dengan Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah selama bulan Ramadhan.

Melalui edukasi CBP Rupiah, pemahaman masyarakat diharapkan dapat meningkat sehingga Informasi tentang Kantor Perwakilan Bank Indonesa Provinsi Kepulauan Riau lebih bijak dalam berbelanja dalam memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan maupun Hari Raya Idulfitri.

BACA JUGA:   Ekonomi RI 2022 Tumbuh 5,31%, Ditopang Sektor Transportasi dan Pariwisata

Dengan berbelanja sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan, masyarakat dapat berkontribusi langsung dalam pengendakan inflasi. (Liputan6/sys)

  • Bagikan
101 views