Bayar THR Untuk Aparatur Negara, Pemerintah Rogoh Kocek Rp38,8 Triliun

  • Bagikan

Regional.co.id, JAKARTA: Pemerintah mengalokasi anggaran negara untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) kepada PNS, prajurit TNI/Polri, pejabat negara, dan pensiunan di pusat dan daerah sebesar Rp38,8 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan tiga alokasi anggaran THR sudah masuk dalam APBN Tahun Anggaran 2023 dan didistribusikan kepada kementerian dan lembaga dan pemerintah daerah dengan total bujet Rp38,8 triliun.

“Pertama, Pemerintah sudah alokasikan Rp11,7 triliun untuk pembayaran THR ini bagi ASN pusat, prajurit TNI, Polri dan pejabat negara,” ujarnya.

Kemudian, alokasi THR melalui Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp17,4 triliun bagi ASN daerah yaitu PNS daerah dan PPPK dan bagi Pemerintah Daerah (Pemda) bisa menambahkan dari masing masing APBD 2023 sesuai kemampuan APBD masing-masing.

BACA JUGA:   Target Defisit APBN 2025 Sentuh 2,8%, Program Makan Siang Gratis Tetap Digass!

“Ketiga sumber pembayar THR dari pos perbendaharaan umum negara sebesar Rp9,8 triliun untuk para pensiunan dan penerima pensiunan untuk terima THR,” ujarnya.

Sri Mulyani menjelaskan, THR PNS di tahun ini mempertimbangan sejumlah hal. Di mana tahun ini masih dilakukan penanganan Covid-19 meski sudah terkendali.

Lalu di sisi pemulihan ekonomi 2023 dihadapi tantangan global yang sangat tidak pasti terutama geopolitik dan tren kebijakan moneter untuk menekan laju inflai yang cenderung lebih ketat.

“Maka itu kebijakan THR dan gaji ke-13 disesuaikan dengan tantangan dan kondisi saat ini,” ujarnya.

Pencairan THR PNS telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2023. Di mana pemberian THR dan gaji ke-13 sebagai wujud penghargaan dan kontribusi pengabdian ASN, TNI Polri dan pensiunan di dalam melakukan tugas termasuk masyarakat.

BACA JUGA:   Awal Tahun 2024, Pembiayaan Anggaran Sudah Tembus Rp107,6 Triliun

“Dengan THR dan Gaji 13 diharapkan dapat menahan momentum pemulihan ekonomi melalui tambahan daya beli dan ini konsistensi dengan afirmasi kita yaitu membantu masyarkat terutama kelompok tidak mampu melalui APBN,” ujarnya.

  • Bagikan
67 views