KEK Pariwisata Lido Resmi Beroperasi, Jokowi: Wahananya Komplit!

  • Bagikan

Regional.co.id, BOGOR: Presiden Joko Widodo meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Kabupaten Bogor Jawa Barat, Jumat (31/3/2023). Jokowi menyebut KEK Lido memiliki fasilitas lengkap seperti, taman bermain, water park, movieland, hingga kawasan khusus untuk otomotif.

Dia berharap pembangunan KEK Lido ini dapat mengurangi jumlah masyarakat Indonesia yang berlibur keluar negeri. Pasalnya, kata Jokowi, masyarakat Indonesia saat ini lebih senang berlibur ke luar negeri dibandingkan negara sendiri.

“Saya senang tadi ditunjukkan di KEK Lido ini akan ada theme park-nya, akan ada movieland-nya, akan ada water park-nya, akan ada technopark-nya, akan ada kawasan untuk otomotif, semuanya komplit,” kata Jokowi saat peresmian di KEK Lido Kabupaten Bogor, Jumat (31/3/2023).

BACA JUGA:   Jadi Pembicara di Markas PBB, Sandiaga Akan Paparkan Potensi Pariwisata Berkelanjutan

“Jadi kita harapkan kedepan tidak ada lagi masyarakat kita yang lebih senang liburan keluar negeri daripada di negerinya sendiri,” sambungnya.

Menurut dia, jumlah masyarakat Indonesia yang berlibur keluar negeri mencapai 11 juta orang. Jokowi mengatakan hal ini membuat banyak devisa yang masuk ke negara lain.

“Masyarakat kita yang liburan keluar itu ada 11 juta. Kalau kita rem separo saja itu devisanya akan besar sekali yang tidak terbuang untuk masuk ke negara yang lain,” ujarnya.

“Hal seperti inilah yang diharapkan oleh pemerintah agar pembagnunan infrasturktur yang telah kita kerjakan itu betul-betul secara ekonomis dimanfaatkan oleh sektor swasta,” sambung Jokowi.

BACA JUGA:   KEK Sanur Jadi Destinasi Wisata Kesehatan Internasional, Erick: Mewujudkan Mimpi Bung Karno!

Dia pun memuji KEK Lido yang memiliki lokasi strategis karena hanya 1 jam 50 menit dari Jakarta apabila melewati jalan tol. Selain itu, KEK Lido juga dikelilingi oleh Gunung Pangrango, Gunung Gede, dan Gunung Salak.

“Sulit mencari lokasi seperti di Lido ini dan saya melihat Pak Hary Tanoe (Chairman MNC Group) tajam banget,” ucap Jokowi.

Dia memuji konsep KEK Lido yang memiliki sejumlah fasilitas hiburan seperti, movieland, themepark, kawasan musik, technopark, hingga kawasan otomotif. Jokowi berharap keberadaan KEK Lido dapat menarik wisatawan lokal untuk berlibur di dalam negeri.

“Semuanya komplit dan ini akan mengerem masyarakat kita yang ingin keluar negeri untuk berwisata. Saya kira bagus dan ya kalau bisa ini cepat diselesaikan,” jelasnya.

BACA JUGA:   Pariwisata Mulai Pulih, 2,9 Juta Turis Kunjungi Singapura pada Q1-2023

“Dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Nanti bisa nonton konser musik atau kayak Hollywood semua ada di sini. Mau nonton Coachella semua,” sambung Jokowi.

Untuk itu, dia meminta Chairman MNC Group Hary Tanoesdibjo agar bisa menyelesaiakan pembangunan KEK Lido secepatnya. Pasalnya, kehadiran KEK Lido yang memiliki sejumlah fasilitas entertainment, baru pertama kali di Indonesia

“Ya ditanyakan ke pemiliknya dong. Sudah saya sampaikan secepat-cepatnya diselesaikan lebih baik karena ini barang barulah untuk negara kita, barang baru dalam satu kawasan yang sama,” tutur Jokowi.

  • Bagikan
97 views