Resmikan Pabrik OLED Baru, Kinerja Samsung Diproyeksi Makin Kinclong!

  • Bagikan

Regional.co.id, SEOUL: Kinerja Samsung, produsen peralatan elektronik Korea Selatan diproyeksikan akan semakin kinclong pasca pembangunan pabrik baru Samsung Display Co. senilai $2,8 miliar untuk panel organic light-emitting diode (OLED) ukuran kecil.

Samsung Display, unit raksasa teknologi Samsung Electronics Co., sedang dalam pembicaraan dengan pembuat peralatan layar untuk menetapkan ukuran yang tepat dan spesifikasi mesin lainnya, kata sumber industri pada hari Senin.

Chief Executive Samsung Display Choi Joo-sun mengatakan pada International Meeting on Information Display (IMID) pada akhir Agustus bahwa perusahaan akan membangun lini OLED generasi kedelapan untuk membuat panel yang lebih kecil untuk produk teknologi informasi seperti laptop, smartphone, dan tablet, dengan target mulai produksi tahun 2024.

BACA JUGA:   Pusat Data Nasional Diretas Hacker, Minta Tebusan Rp131 Miliar!

Dia tidak menentukan ukuran investasi, tetapi fasilitas produksi OLED biasanya menelan biaya antara 3 triliun won dan 4 triliun won ($2,1 miliar-$2,8 miliar).

Pabrik baru ini akan menandai investasi besar pertama Samsung dalam panel OLED berukuran kecil sejak 2017.

Substrat panel OLED generasi kedelapan berukuran 2.200 mm x 2.500 mm lebih besar dari substrat generasi keenam (1.500 mm x 1.850 mm) dan menghasilkan lebih banyak panel, memangkas biaya dan waktu tunggu.

Samsung adalah pembuat panel OLED ukuran kecil terbesar di dunia, meskipun saingannya LG Display Co. adalah pemimpin industri panel OLED secara keseluruhan.

BACA JUGA:   Dampak Perang Rusia-Ukraina, Samsung Pangkas Produksi Ponsel hingga 30 Juta Unit

Order dibuka pada Kuartal 4

Pengamat industri mengatakan pesanan peralatan kemungkinan akan dimulai pada kuartal keempat tahun ini jika Samsung Display akan mengoperasikan pabrik barunya pada tahun 2024 seperti yang diumumkan.

“Perusahaan yang memasok peralatan generasi keenam ke Samsung memiliki peluang bagus untuk memenangkan pesanan baru lagi,” kata seorang pejabat industri.

Beberapa perusahaan yang disebutkan oleh industri termasuk SFA Engineering Co., pembuat sistem transportasi cerdas yang memindahkan bahan baku dan substrat di jalur OLED. Perusahaan tersebut diketahui siap memproduksi massal mesin generasi kedelapan.

ICD, pemasok peralatan etsa plasma OLED domestik, adalah perusahaan lain yang akan mendapat manfaat dari pabrik Samsung yang baru.

BACA JUGA:   Siapkan Rencana Masa Depan, Facebook Ganti Nama Jadi Meta Inc.

“Dalam teknologi etsa plasma, ICD adalah salah satu pemain top dunia bersama Tokyo Electron Jepang,” kata analis Investasi & Sekuritas Korea Kim Jung-hwan.

HB Technology Co., yang membuat peralatan inspeksi optik otomatis (AOI), dan AP Systems Inc., pembuat chip dan perangkat layar, juga diharapkan memenangkan pesanan dari Samsung, kata pejabat industri.

  • Bagikan
69 views