Pernah Sebut Kemenkeu Sarang Iblis, Bupati Meranti Kena OTT KPK!

  • Bagikan
Bupati Kabupaten Meranti Muhammad Adil

Regional.co.id, MERANTI: Bupati Meranti Muhammad Adil kena operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis (6/4) malam. Penangkapan dilakukan bersama puluhan pejabat Pemkab Meranti lainnya.

“Benar, tadi malam, (6/4) tim KPK berhasil lakukan tindakan tangkap tangan terhadap beberapa pihak yang sedang melakukan korupsi di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Jumat (7/4/2023).

Muhammad Adil merupakan politikus asal Riau. Sebelum menjabat sebagai Bupati Meranti periode 2021-2024, ia pernah menjadi anggota DPRD Provinsi Riau dua periode yakni 2014-2018 hingga 2019-2020.

Pada periode pertama Muhammad Adil maju dari Partai Hanura, kemudian pada periode kedua maju dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Baru setahun di periode kedua, dia maju sebagai calon Bupati hingga akhirnya terpilih.

BACA JUGA:   Dukung Prabowo, Budiman Sudjatmiko Dipecat PDIP!

Pria kelahiran Selatpanjang 18 April 1972 itu merupakan lulusan S1 dan S2 di Universitas Lancang Kuning Pekanbaru.

Nama Muhammad Adil sempat viral pada Desember 2022 karena menyebut Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berisi setan atau iblis. Hal itu dikarenakan dirinya tak terima soal dana bagi hasil (DBH) minyak di tempatnya yang dianggap semakin kecil.

Adil kesal karena merasa tidak mendapat kejelasan terkait DBH yang mesti diterima. Menurutnya, Meranti layak mendapat DBH minyak dengan hitungan US$ 100 per barel, namun yang diterima hanya Rp 114 miliar dengan hitungan US$ 60 per barel.

BACA JUGA:   Perppu Cipta Kerja Disahkan, Ini Ketentuan Baru Bagi Pekerja Kontrak!

“Sampai ke Bandung saya kejar orang Kementerian Keuangan juga tidak dihadiri oleh yang kompeten, yang hadir waktu itu entah staf, tidak tahu lah. Sampai waktu itu saya ngomong ‘ini orang keuangan isinya ini iblis atau setan’,” kata Muhammad Adil dalam Rakornas Pengelolaan Pendapatan dan Belanja Daerah se-Indonesia, dikutip Senin (12/12/2022). (Sys/detik.com)

  • Bagikan
96 views