Dukung Penciptaan Lapangan Kerja, Presiden Jokowi Teken PP KEK Kura Kura Bali

  • Bagikan

Regional.co.id, BALI: Presiden Joko Widodo resmi menetapkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura-Kura Bali melalui Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2023.

“Dengan Peraturan Pemerintah ini ditetapkan Kawasan Ekonomi Khusus Kura Kura Bali,” ditegaskan dalam PP sebagaimana dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, Senin (10/4/2023).

Kawasan Ekonomi Khusus Kura Kura Bali memiliki luas 498 hektare yang terletak dalam wilayah Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Provinsi Bali.

Penetapan KEK ini dilakukan dengan pertimbangan untuk percepatan penciptaan lapangan kerja dan pengembangan wilayah Kota Denpasar dalam mendukung pengembangan ekonomi wilayah dan ekonomi nasional.

“Wilayah Serangan sebagai bagian wilayah Kota Denpasar, Provinsi Bali telah memenuhi kriteria dan persyaratan untuk ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus,” bunyi pertimbangan lainnya.

BACA JUGA:   Ngeri! Industri di Batam Sudah PHK 2.000 Pekerja Akibat Resesi Global

Kegiatan usaha di KEK Kura Kura Bali di antaranya meliputi pariwisata dan industri kreatif.

Sesuai dengan ketentuan PP ini, Dewan Nasional KEK menetapkan badan usaha pembangun dan pengelola KEK Kura Kura Bali dalam jangka waktu paling lama 30 hari sejak PP mulai berlaku yakni pada 5 April 2023.

Badan usaha ini bertanggung jawab atas pembiayaan pembangunan dan pengelolaan KEK Kura Kura Bali.

“Badan usaha sebagaimana dimaksud melakukan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura Kura Bali sampai dengan siap beroperasi paling lama 36 bulan sejak Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku,” bunyi PP.

BACA JUGA:   Realisasi Investasi Capai Rp6 Triliun, Jadi: Apa Benar Sebesar Itu?

Data dari sekretariat Dewan Nasional KEK menyebutkan total kawasan yang telah ditetapkan sebagai KEK di Indonesia berjumlah 19 kawasan yang tersebar mulai dari Aceh hingga Papua. Provinsi terbanyak memiliki KEK adalah Kepulauan Riau dengan 3 KEK, kemudian Bali dengan 2 KEK.

Dari 19 kawasan yang ada, belum seluruhnya berkembang sesuai dengan target dan perencanaan awal. Namun lebih dari 50% diantaranya sudah tumbuh menjadi pusat tujuan investasi.

  • Bagikan
98 views