Pemudik Lebaran 2023 Diprediksi Tembus 123 Juta Orang, Jokowi Ingatkan Para Menteri!

  • Bagikan

Regional.co.id, BOYOLALI: Presiden Joko Widodo atau Jokowi mewanti-wanti para menteri dan kepala daerah untuk mempersiapkan diri menghadapi arus pemudik Lebaran 2023 yang diperkirakan melonjak drastis.

“Kurang lebih 123 juta masyarakat kita akan bersama-sama mudik. Tahun kemarin 86 (juta), ini 123 juta. Hati-hati, angka ini hati-hati,” kata Jokowi usai meninjau Pasar Cepogo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, Senin (10/4/2023).

“Saya sudah memperingatkan Menteri Perhubungan, Kapolri, Menteri BUMN yang menyangkut transportasi laut,” sambungnya.

Dia menyebut, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat menjadi tiga daerah yang diprediksi akan menjadi tujuan utama pemudik.

BACA JUGA:   Ruas Jalan Provinsi Dilimpahkan ke Pemko Batam, Ansar: Pertimbangan Status Lahan!

Untuk itu, Jokowi meminta kepala daerah bersiap menjelang mudik Lebaran 2023.

“Para gubernur, para bupati, dan wali kota betul-betul menyiapkan diri karena melompat dari 86 juta (pemudik) ke 123-124juta (pemudik),” ucap dia.

Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah akan membuka sejumlah jalan tol yang konstruksinya sudah rampung, menjelang Lebaran 2023. Hal ini dinilai dapat mengurangi angka kemacetan saat mudik Lebaran.

“Tol-tol yang konstruksinya sudah selesai ini menjelang lebaran akan dibuka untuk bisa dimanfaatkan dalam rangka mengurangi kemacetan,” jelas Jokowi.

Sebelumnya, Polri memprediksi puncak arus mudik Lebaran Idul Fitri 2023 terjadi pada 20 dan 21 April.

BACA JUGA:   Tidak Ada Pembatalan Travel Bubble, Kepri Siap Sambut Turis Asing

Menurut Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi, menghindari puncak arus mudik maka sebagian masyarakat diperkirakan akan bergerak sejak sore di tanggal 18 April 2023.

“Tanggal 18 sore itu masyarakat sudah ada yang akan melakukan kegiatan perjalanan mudik,” kata Firman kepada wartawan di Gedung NTMC Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Rabu 5 April 2023.

  • Bagikan
44 views