Hasil Survei, Berkarir di Bidang Medis Lebih Prospektif pada Masa Depan

  • Bagikan

Regional.co.id, SINGAPURA: Hasil survei terbaru merekomendasikan kepada orang tua agar mendorong anak-anak mereka untuk berkarir di bidang medis karena dinilai lebih prospek pada masa depan.

Hasil survei terbaru yang dilakukan Bloomberg MLIV Pulse dengan 678 responden, hampir 40% mengatakan bahwa anak-anak yang saat ini duduk di sekolah dasar akan lebih baik bekerja di bidang perawatan kesehatan jika mereka ingin menghindari tergeser oleh kecerdasan buatan atau teknologi artificial intelligent (AI).

Pekerjaan di bidang medis seringkali melibatkan lebih banyak interaksi manusia-ke-manusia, yang untuk saat ini tampaknya sulit digantikan dengan program AI generatif seperti ChatGPT.

BACA JUGA:   Gosok Gigi Sebelum atau Sesudah Sarapan?

Tren demografis mungkin juga mendukung gagasan bahwa menjadi dokter atau perawat akan menjadi pilihan yang lebih bijaksana bagi generasi muda: Para ekonom memperkirakan permintaan besar akan petugas kesehatan seiring bertambahnya usia populasi di Amerika Serikat dan di seluruh dunia.

Namun demikian, para investor memiliki rekomendasi berbeda untuk mereka yang lulus SMA. Siswa-siswa itu akan lebih baik mengejar karir di bidang teknologi, meskipun baru-baru ini banyak teknisi IT yang di PHK oleh beberapa perusahaan teknologi seperti Meta, Amazon.com dan Alphabet.

Kecerdasan teknologi dipandang semakin penting di dunia yang semakin dipengaruhi oleh platform digital, bahkan ketika beberapa orang khawatir kecerdasan buatan dapat menimbulkan ancaman bagi beberapa pekerjaan tingkat pemula.

BACA JUGA:   Hati-Hati! Pekerja Bergaji Rendah Menghadapi Resiko Kematian Lebih Tinggi

“Pekerjaan dengan gaji tertinggi sangat jelas di sektor keuangan selama dua atau tiga dekade, dan sekarang teknologi benar-benar bersaing dengan itu – mereka hampir sama,” kata Andrew Challenger, wakil presiden senior konsultasi sumber daya manusia perusahaan Challenger, Gray & Christmas Inc.

Bahkan dengan munculnya AI, dia mengharapkan teknologi dan keuangan tetap menjadi salah satu karir paling menguntungkan selama 20 atau 30 tahun ke depan. “Saya tidak melihat itu akan hilang,” katanya.

Sekitar 52% dari 556 investor profesional mengatakan bahwa teknologi adalah pilihan bagi siswa sekolah menengah. Di antara 122 investor ritel, 48% memilih teknologi.

BACA JUGA:   Cegah Penuaan Dini, Simak 7 Perawatan Anti-Aging Untuk Pria
  • Bagikan
81 views