Flu Burung Merebak, Brasil Umumkan Darurat Kesehatan Hewan

  • Bagikan

 Regional.co.id, SAOPAOLO: Brasil mengumumkan keadaan darurat kesehatan hewan selama 180 hari sebagai tanggapan atas dideteksinya kasus flu burung pada unggas liar.

Infeksi flu burung subtipe H5N1 pada unggas liar tidak memicu larangan perdagangan, berdasarkan pedoman Organisasi Dunia untuk Kesehatan Hewan. 

Namun, kasus flu burung di peternakan biasanya mengakibatkan seluruh ternak mati dan dapat memicu pembatasan perdagangan dari negara pengimpor.

Dilansir dari Reuters pada Selasa (23/5/2023), Brasil merupakan pengekspor daging ayam terbesar di dunia dengan nilai penjualan sebesar USD9,7 miliar tahun lalu. 

Sejauh ini, Brasil mendeteksi delapan kasus H5N1 pada burung liar, termasuk tujuh di negara bagian Espirito Santo dan satu di wilayah Rio de Janeiro.

BACA JUGA:   Konyol! RI Impor Bawang Putih dan Cabai Dari Singapura

Kementerian pertanian negara itu mengatakan bahwa pihaknya telah membentuk tim khusus untuk mengoordinasikan, merencanakan dan mengevaluasi penanganan kasus flu burung.

Pemerintah meningkatkan kewaspadaan karena flu burung pada unggas liar biasanya diikuti oleh wabah di peternakan.

Saham BRF SA yang berbasis di Brasil, eksportir ayam terbesar dunia, naik 3,6 persen sebelum pengumuman pemerintah dan mengakhiri hari 0,5 persen lebih rendah.

  • Bagikan
55 views