Bertema Pohon Hayat, Ini Logo Baru IKN yang Diresmikan Jokowi!

  • Bagikan

Regional.co.id, JAKARTA: Presiden Joko Widodo secara resmi meluncurkan logo baru Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bertema Pohon Hayat, pada hari ini, Selasa (30/5). Logo tersebut merupakan hasil karya dari Aulia Akbar desainer grafis yang berdomisili di Bandung.

Menurut Jokowi, logo yang diluncurkan hari ini nantinya akan menjadi identitas visual baru bagi IKN. Ia juga memastikan bahwa logo yang terpilih merupakan pilihan rakyat berdasarkan jumlah terbanyak.

“Tadi sudah disampaikan Kepala OIKN setelah melalui proses sayembara yang selektif alhamdulillah telah terpilih logo dengan pemilih terbanyak,” kata Presiden Jokowi saat mengumumkan logo baru IKN yang dipantau melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (30/5).

BACA JUGA:   Konsorsium Tiga Negara Garap Proyek Wind Farm di Laos berkapasitas 1 Gigawatt

“Jadi, yang pilih bukan presiden, hati hati. Hati-hati, yang milih ini rakyat dan jumlahnya yang milih ini lima ratusan ratusan ribu. Jumlah yang tidak sedikit,” imbuhnya.

Jokowi mengumumkan bahwa logo IKN yang terpilih bertema Pohon Hayat. Menurutnya, Pohon Hayat adalah pohon kehidupan dan berharap logo ini bisa menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat kehidupan baru dan sumber kehidupan seluruh masyarakat Indonesia nantinya.

Ia menilai, logo pohon hayat sejalan dengan semangat pembangunan IKN yang menumbuhkan rasa bangga dengan jati diri bangsa sebagai bangsa yang besar, bangsa yang majemuk.

“Dan menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alam dan juga lingkungan beserta ekosistemnya serta memperkuat ikhtiar kita semua untuk percepatan pembangunan IKN kita. Ibu kota masa depan Indonesia,” ujarnya.

BACA JUGA:   Dilantik Jokowi, Bambang Susantono Resmi Jabat Kepala Otorita IKN

Acara tersebut juga dihadiri oleh jajaran pejabat negara, akademisi, mahasiswa hingga perwakilan perbankan dan dunia usaha.

“Hari ini kita lakukan peluncuran logo baru IKN yang nantinya ini jadi identitas visual bagi IKN,” jelasnya.

Sebanyak 60.000 aparatur sipil negara di berbagai kementerian atau lembaga (K/L) tengah mengikuti uji kompetensi terhadap para aparatur sipil negara (ASN) yang akan dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

PIt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Iswinarto Setiaji mengatakan, pengujian yang tengah berlangsung terhadap para ASN itu dilaksanakan di BKN. Cakupannya termasuk penilaian potensi dan kompetensi.

BACA JUGA:   Pemerintah Rilis Rencana Pembangunan Batam New Port, Batu Ampar Jadi Terminal Roro

“Saat ini sedang berlangsung di BKN adalah Penilaian Potensi dan Kompetensi, yang merupakan program prioritas BKN,” kata Iswinarto. (mrr)

  • Bagikan
52 views