Jokowi Lantik Budi Arie Sebagai Menkominfo, Rosan Jadi Wamen BUMN

  • Bagikan

Regional.co.id, JAKARTA: Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informasi menggantikan Johny G Plate yang tersangkut kasus korupsi BTS.

Pelantikan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 62/P tahun 2023 tentang pengangkatan Menkominfo Kabinet Indonesia Maju. Sedangkan pelantikan wakil menteri berdasarkan Keppres Nomor 32 M tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju.

Selain Budi, beberapa wakil menteri dan dua anggota Wantimpres juga turut dilantik dalam proses pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7).

Berdasarkan pantauan, beberapa kandidat sudah hadir. Antara lain Budi Arie, Pahala Mansury dan Rosan Roeslani bersama pendamping.

BACA JUGA:   Presiden Zelensky Sambut Jokowi di Istana Marinsky Ukraina

Budi Arie Setiadi yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) akan menggantikan Jhony G. Plate sebagai Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

Posisi Budi sebagai Wamendes digantikan oleh Rektor Universitas Moestopo, Paiman Raharjo. Selanjutnya, Pahala Mansury akan dilantik sebagai Wakil Menteri Luar Negeri dari posisi sebelumnya sebagai Wakil Menteri BUMN.

Untuk Wakil Menkominfo, Jokowi menunjuk Nezar Patria yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Khusus Bidang Komunikasi Menteri BUMN.

Sedangkan Rosan Roslani dilantik sebagai Wakil Menteri BUMN menggantikan Pahala dari jabatan sebelumnya sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat. Lalu, Jokowi melantik Ketua DPW PPP DKI Jakarta Saiful Rahmat Dasuki menjadi Wakil Menteri Agama (Wamenag).

BACA JUGA:   Siap-Siap PPN Naik Jadi 12% di 2025, Apa Saja Barang Yang Bebas PPN?

Selain itu, Presiden Jokowi juga melantik dua orang anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yaitu Gandi Sulistyanto yang sebelumnya menjadi sebagai Dubes RI Untuk Republik Korea Selatan dan Djan Farid yang merupakan Ketua Majelis Kehormatan PPP.

  • Bagikan
50 views