Jokowi Dijadwalkan Bertemu Xi Jinping di China, Ini Agendanya!

  • Bagikan

Regional.co.id, JAKARTA: Presiden Joko Widodo bakal melakukan kunjungan kenegaraan ke China dalam waktu dekat. Rencananya Jokowi bakal melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping.

“Presiden akan ke Chengdu (China). Beliau akan berada di sana pada tanggal 27 dan 28 (Juli) program utamanya adalah bertemu, melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Xi Jinping,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, saat ditanya wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (25/7/2023).

Retno juga mengatakan Jokowi akan melakukan pertemuan bisnis dengan banyak pengusaha besar di China. Kemudian Jokowi beserta beberapa kepala negara lain diminta menghadiri pembukaan Olimpiade Universitas Sedunia.

BACA JUGA:   Iran Siapkan Rencana Balas Dendam ke Israel

“Jadi pekan pertandingan olahraga seperti Olimpiade tapi this time levelnya adalah universitas sedunia,” kata Menlu.

Meski begitu, Retno belum mau membeberkan apakah kunjungan kepala negara ini membawa misi khusus seperti urusan bisnis, politik, atau perdamaian.

“Nanti ya kalau sudah di sana, nggak boleh mendahului,” katanya.

Sebelumnya Jokowi juga sudah menerima kunjungan delegasi dari banyak pimpinan pengusaha Hong Kong di Istana Kepresidenan, Selasa (25/7/2023). Dalam kunjungan itu presiden juga menyampaikan peluang investasi di Indonesia di beberapa sektor seperti infrastruktur, transportasi, digital technology, dan green energy.

Kunjungan Jokowi ke China juga diperkirakan membawa misi investasi menindaklanjuti kunjungan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia beberapa waktu lalu. Presiden dijadwalkan akan menyaksikan penandatanganan beberapa kerjasama investasi termasuk rencana investasi Xinyi Glass Holding di Pulau Rempang, Batam.

BACA JUGA:   Persediaan Ayam Mencukupi, Pemerintah Singapura Himbau Warga Tidak Panik
  • Bagikan
43 views