Hubungan Memanas, China Kirim 28 Jet Ke Langit Taiwan

  • Bagikan

Regional.co.id, BEIJING: Hubungan China dengan Taiwan semakin memanas. Terbaru, sebanyak 28 pesawat angkatan udara China telah memasuki zona pertahanan udara Taiwan pada Rabu (13/9/2023) pagi.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan jet-jet Xi Jinping, termasuk pesawat tempur J-10, masuk sekitar pukul 6 pagi waktu setempat. Pesawat tempur China telah terbang ke sudut barat daya zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) pulau itu.

Pasukan Taiwan dilaporkan memantau situasi tersebut. Termasuk mengirimkan pesawat angkatan udaranya sendiri dan mengaktifkan sistem pertahanan udara untuk menanggapi serangan Negeri Tirai Bambu tersebut tersebut.

Kementerian juga menambahkan bahwa beberapa pesawat China telah melintasi Selat Bashi. Sebelumnya dilaporkan bahwa China akan melakukan latihan dengan kapal induk China Shandong di Pasifik.

BACA JUGA:   Erik ten Hag Resmi Jadi Pelatih MU, Siap-Siap Tambah Striker Baru

Secara terpisah, lebih dari 20 kapal perang China termasuk kapal perusak Tipe 055, berlayar melalui Selat Bashi dan Selat Miyako menuju Pasifik pada Rabu. Hal ini disampaikan seorang pejabat senior yang mengetahui perencanaan keamanan di wilayah tersebut kepada Reuters.

Sumber tersebut mengatakan manuver angkatan laut China bersama dengan latihan yang dilakukan oleh kelompok kapal induk membuat Amerika Serikat (AS) gusar. Angkatan Laut AS sendiri, bersama sebuah kapal perang AS dan Kanada, berlayar melalui Selat Taiwan pada Sabtu.

Ini menandai misi bersama yang kedua sejak Juni. Hal itu pun bertepatan dengan para pemimpin kedua negara menghadiri KTT G20 di India. Tak hanya itu, Angkatan Laut kedua negara juga dilaporkan akan melakukan serangkaian latihan di Laut China Selatan pekan ini.

BACA JUGA:   Persediaan Ayam Mencukupi, Pemerintah Singapura Himbau Warga Tidak Panik

Taiwan yang diperintah secara demokratis, dianggap China sebagai wilayahnya sendiri. Pulau itu telah mengeluh dalam beberapa tahun terakhir atas peningkatan aktivitas militer China di dekat pulau itu sebagai berupaya untuk menegaskan klaim kedaulatannya.

  • Bagikan
72 views