AS-Inggris Serang Milisi Houthi, Yaman Dihujani Rudal!

  • Bagikan

Regional.co.id, YAMAN: Amerika Serikat (AS) dan Inggris menyerang milisi Huthi atas serangan kelompok itu di Laut Merah. Dilaporkan para saksi, serangan udara digencarkan keduanya di kota-kota Yaman.

“Serangan tersebut melibatkan jet tempur dan rudal Tomahawk,” kata beberapa media AS dikutip AFP, Jumat (12/1/2024).

“Serangan udara menghantam sejumlah kota di Yaman, tempat kelompok Huthi menguasai sebagian besar wilayah,” kata sumber dan saksi mata Huthi.

Kelompok Houthi telah melakukan semakin banyak serangan terhadap rute laut internasional utama sejak perang Gaza meletus. Langkah itu diambil Houthi sebagai protes serangan Israel ke Gaza.

BACA JUGA:   Buntut Tragedi Itaewon, Sejumlah Acara Hiburan Dibatalkan

Namun serangan Barat berisiko mengubah situasi yang sudah tegang di Timur Tengah menjadi konflik yang lebih luas. Khususnya antara AS dan Israel melawan Iran dan proksi regionalnya.

Iran sebelumnya mengirimkan surat peringatan khusus ke PBB, menyebut campur tangan AS membuat Timur Tengah makin tak stabil. Dalam surat Teheran menyebut tindakan AS dapat membahayakan perdamaian regional dan merupakan upaya mengalihkan perhatian dari akar penyebab situasi Laut Merah saat ini, yakni serangan Israel ke Gaza.

“Tujuan AS dan Israel dalam menuding Iran di kasus ketegangan Laut Merah memiliki tujuan yang jelas: untuk mengalihkan perhatian dunia dari serangan barbar yang dilakukan Israel yang disokong AS terhadap warga sipil di Jalur Gaza dan Tepi Barat,” tulis surat itu dikutip dari laman X resmi Perwakilan Iran di PBB.

BACA JUGA:   Rusia-Ukraina Berkonflik, Harga Minyak Mentah Tembus US$94 per Barel
  • Bagikan
126 views