Singapura – Malaysia Teken MOU Pengembangan Johor-Singapore Special Economic Zone

  • Bagikan

Regional.co.id, JOHOR BAHRU: Pemerintah Singapura dan Malaysia menandatangani nota kesepakatan dalam pengembangan Johor-Singapore Special Economic Zones (JS-SEZ) sebagai upaya meningkatkan perdagangan lintas batas kedua negara.

Kesepakatan itu juga menjajaki inisiatif penggunaan QR Code Clearence System sebagai penggani paspor pada saat checkpoint imigrasi bagi warga kedua negara yang melintas.

MOU tersebut ditandatangani pada Kamis (11 Januari 2024) oleh Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Gan Kim Yong dan Menteri Ekonomi Malaysia Mohd. Rafizi Ramli disaksikan oleh PM Lee Hsien Loong dan PM Anwar Ibrahim di Hotel Double Tree Hilton, Johor.

BACA JUGA:   Gesa Pembangunan Infrastruktur, KI Tenayan Butuh Rp3,4 Triliun

Kedua negara sepakat untuk memulai penyusunan perjanjian pengembangan JS-SEZ dan akan dibahas lebih lanjut dalam pertemuan Malaysia-Singapore Leaders Retreat.

Berdasarkan MOU tersebut, kedua negara akan menjajaki beberapa inisiatif pengembangan KEK, termasuk percepatan layanan imigrasi di pos pemeriksaan, dan fasilitasi kerja sama energi terbarukan antara Malaysia dan Singapura.

Kedua belah pihak juga sepakat untuk berupaya mencapai kesepakatan penuh mengenai KEK Johor-Singapura dan memberikan informasi terkini pada Retret Pemimpin Malaysia-Singapura ke-11, yang akan diadakan di Malaysia tahun ini.

Kedua negara pertama kali mengumumkan akan membentuk satuan tugas untuk mempelajari pembentukan KEK pada pertemuan ke-16 Komite Gabungan Kementerian Gabungan Malaysia-Singapura untuk Iskandar Malaysia pada Juli 2023.

BACA JUGA:   Mantan Presiden AS Donald Trump Resmi Ditahan!

Tiga bulan kemudian, pada acara Singapore-Malaysia Leaders’ Retreat di Singapura, Lee menggambarkan usulan KEK sebagai sebuah “proyek besar dan menjanjikan” yang antara lain akan memberikan kelancaran perjalanan bagi orang-orang yang bekerja di kedua sisi Causeway, salah satu penyeberangan perbatasan tersibuk di dunia. (Sys)

  • Bagikan
381 views