Persaingan Ketat Merebut 4 Kursi DPR Dapil Kepri, Siapa Paling Berpeluang?

  • Bagikan

Regional.co.id, BATAM: Empat kursi DPR-RI diperkirakan akan diperebutkan oleh lima orang calon dari lima partai yang berpeluang memperoleh suara diatas 10% berdasarkan hasil perhitungan sementara KPU dikutip dari link www.pemilu2024.kpu.go.id.

Sampai dengan Kamis, 15 Februari 2024 pukul 10.00 wib, suara yang terkumpul berasal dari 145 TPS dari 5.914 TPS di Kepri atau sekitar 2,45%.

Partai Golongan Karya (Golkar) memperoleh suara terbanyak dengan 4.004 suara atau 2,45%, diikuti Partai Gerindra sebanyak 3.978 suara (15,38%), Partai PDI-P sebanyak 3.503 suara (13,55%), Partai Nasdem sebanyak 3,425 suara (13,24%), PKB sebanyak 3.128 suara (12,1%), dan PKS sebanyak 2.692 suara (10,41%).

Beberapa nama calon DPR-RI yang mencuat dan berpeluang merebut kursi ke Senayan adalah Rizki Faisal (Golkar), Endipat Wijaya (Gerindra), Surya Respationo (PDIP), Randi Zulmariadi (Nasdem), Isdianto (PKB), dan Suryani (PKS).

BACA JUGA:   Tipu Ratusan Jamaah Umrah, Pemilik Travel PT Naila Ditangkap Polisi!

Kelima caleg tersebut merupakan nama-nama baru yang bakal menggantikan incumbent dari partai masing-masing.

Rizki Faisal dari Golkar saat ini merupakan anggota DPRD Provinsi Kepri yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD. Dia bersaing ketat dengan Cen Sui Lan yang saat ini merupakan incumbent DPR-RI menggantikan Ansar Ahmad yang terpilih sebagai Gubernur Kepri dalam Pilkada Tahun 2020 lalu. Hasil sementara Rizki sudah mengumpulkan 2.169 suara.

Sementara itu Endipat Wijaja merupakan pengurus DPP Gerindra yang mengadu peruntungan menjadi caleg DPR-RI dari Dapil Kepri. Jika terpilih, Endipat akan menjadi caleg Gerindra pertama yang lolos ke Senayan. Saat ini perolehan suara Endipat tercatat paling tinggi sebanyak 3.205 suara.

BACA JUGA:   Presiden Jokowi Berkampanye Untuk Pasangan Capres Tertentu, Emang Boleh?

Adapun Surya Respationo, merupakan tokoh PDI-P yang berpeluang besar lolos ke DPR. Saat ini, wakil PDIP Dapil Kepri di DPR adalah Sturman Panjaitan. Dia merupakan pengurus DPP PDIP yang berhasil lolos dalam Pileg tahun 2019 lalu.

Persaingan ketat juga datang dari caleg Partai Nasdem. Perebutan kursi diperkirakan terjadi antara Randi Zulmariadi dan incumbent Nyat Kadir. Namun perolehan suara yang terpaut cukup jauh mengindikasikan dominasi Randi untuk mengamankan satu kursi Nasdem ke DPR.

Hasil mengejutkan datang dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Hasil sementara peroleh suara menyodok di posisi 12,1%, sehingga berpeluang mengutus satu calon ke Senayan. Nama Isdianto, yang merupakan mantan Gubernur Kepri 2016-2021, mencuat untuk menjadi wakil Kepri di DPR.

BACA JUGA:   Irjen Fredy Sambo Dikabarkan Ditangkap!

Sementara itu PKS tampaknya akan meramaikan persaingan perebutan kursi ke Senayan. Nama Suryani diperkirakan akan menyodok posisi empat besar dalam beberapa hari ke depan.

Namun demikian, perhitungan masih terus berlanjut sampai perhitungan final pada Maret mendatang. Kita tunggu kejutan dari nama-nama lain yang juga siap merebut kursi DPR Kepri seperti Asman Abnur yang merupakan incumbent dari Partai Amanat Nasional, dan partai lainnya.

  • Bagikan
261 views