Presiden Jokowi Resmi Melantik AHY Jadi Menteri ATR/Kepala BPN

  • Bagikan

Regional.co.id, JAKARTA: Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurthi Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Rabu (21/2/2024).

Ini guna menggantikan Hadi Tjahjanto yang akan dilantik dan menduduki posisi baru sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Ham (Menko) Polhukam, yang sebelumnya diisi Mahfud MD, pada hari yang sama.

Pelantikan dilakukan sekitar pukul 11.00 WIB. Perlu diketahui, dalam kalender Jawa, hari Rabu Pon, yang kerap jadi momentum reshuffle kabinet di era Presiden Jokowi.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 34P Tahun 2024 Tengang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju periode sisa masa jabatan 2019- 2024 yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti. Keppres tersebut ditetapkan pada 20 Februari 2024.

BACA JUGA:   Duit Korupsi BTS Rp8 Triliun Mengalir Ke Parpol, Ini Kata Mahfud!

Usai pembacaan Keppres tersebut, Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan yang ditirukan oleh AHY.

“Demi Allah bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945. Serta akan menjalankan segara peraturan perundangan-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tangung jawab,” demikian kata AHY mengucapkan bunyi sumpah jabatan tersebut.

Usai mengucapkan sumpah jabatan, AHY menandatangani berita acara pelantikan sebagai Menteri ATR/BPN. Pelantikan pada Rabu juga dihadiri sejumlah pejabat, antara lain Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan, dan Jaksa Agung RI ST Burhanuddin.

BACA JUGA:   DPR-Kemenag Sepakat Biaya Haji Sebesar Rp49,8 Juta

Pada kesempatan itu, Hadi Tjahjanto juga dilantik menjadi Menkopolhukam yang ditinggalkan oleh Mahfud MD karena mengikuti kontestasi Pilpres 2024. Pejabat sementara diisi oleh Mendagri Tito Karnavian selama beberapa minggu.

  • Bagikan
261 views