Sistem Down, Facebook Instagram Tidak Bisa Diakses Semalam

  • Bagikan

Regiona.co.id, SAN FRANSISCO: Instagram dan Facebook dilaporkan down pada Selasa (5/3/2024) malam kemarin. Pengguna ramai-ramai mengeluh di aplikasi X karena tak bisa mengakses akun mereka.

Gangguan tersebut terjadi selama kurang lebih 2 jam. Layanan di bawah naungan Meta tersebut berangsur pulih pada pukul 00.00 WIB.

Pantauan Regional Newsroom , banyak pengguna yang mempertanyakan apakah akun mereka kena serangan hack, sehingga tak bisa membuka aplikasi.

Juru bicara Meta Andy Stone buka suara soal kendala yang menimpa pengguna di Indonesia dan global.

“Isu teknis membuat banyak orang kesulitan mengakses beberapa layanan kami. Kami telah menyelesaikan masalahnya untuk semua orang yang terdampak,” kata Stone, dikutip dari Reuters, Rabu (6/3/2024).

BACA JUGA:   Pasar Kerja Merosot, Indeed PHK 2.200 Karyawan

Lembaga Keamanan Gedung Putih juga mengatakan tak ditemukan tanda-tanda penyerangan siber atas gangguan layanan Meta, dalam keterangan resminya.

Pada puncak gangguan, ada lebih dari 550.000 laporan soal gangguan di Facebook dan lebih dari 92.000 untuk Instagram, menurut situs Down Detector.

Meta tak menjelaskan lebih rinci soal gangguan teknis yang dimaksud.

Sebagai informasi, jaringan sosial di bawah naungan Meta memiliki pengguna aktif harian (DAU) sebanyak 3,19 miliar.

Selain Instagram dan Facebook, beberapa pengguna juga melaporkan ada masalah pada antarmuka WhatsApp Business dan Threads.

Namun, gangguan pada WhatsApp dan Threads tak semasif Instagram dan Facebook.

BACA JUGA:   Ekspansi Data Centre di KEK Nongsa Batam, Princeton Digital Kucurkan Investasi Rp15,2 Triliun

Gangguan pada Instagram dan Facebook ramai dibicarakan di X. Saat error terjadi, jejeran trending topic X dikuasai isu terkait masalah tersebut.

Pemilik X Elon Musk bahkan memberikan pesan menohok sekaligus meme. Ia mengatakan orang-orang bisa melihat tweet-nya karena server layanan X berfungsi dengan baik.

  • Bagikan
107 views