Sebentar Lagi Beli Pertalite Wajib Pakai Fuel Card, Begini Ketentuannya!

  • Bagikan

Regional.co.id, BATAM: Pemerintah Kota Batam berencana memberlakukan sistem pembayaran digital menggunakan kartu Fuel Card untuk pembelian BBM jenis Pertalite melalui kerjasama dengan tiga bank umum.

Kerjasama tersebut ditandatangani pada Kamis (14/03) dihadiri oleh Walikota Batam Muhammad Rudi dan perwakilan dari 16 bank yang beroperasi di Batam.

Walikota Batam Muhammad Rudi menyampaikan apresiasi atas inisiatif Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam dalam mengendalikan distribusi Pertalite dengan menggunakan kartu Fuel Card.

“Inovasi ini diharapkan tidak hanya terbatas pada pembelian BBM saja, tetapi juga dapat diaplikasikan dalam berbagai layanan pemerintahan lainnya, mendukung visi Batam sebagai smart city,” ujar Rudi.

BACA JUGA:   Pelabuhan Batu Ampar Dominasi Ekspor Kota Batam

Untuk mendukung inovasi dalam pengendalian BBM tersebut, Pemko Batam bersinergi dengan tiga bank nasional yaitu PT KB Bank, PT Bank Sumut, dan PT Bank CIMB NIAGA Tbk. Sistem pembayaran tersebut bernama Fuel Card 5.0.

Fuel Card 5.0 akan diberikan kepada 210.000 kendaraan roda empat pengguna Pertalite di Kota Batam, sebagai alat pengendali distribusi BBM. Program ini diharapkan dapat berjalan lancar dan mendapatkan dukungan penuh dari semua pihak terkait.

Sebelumnya, Disperindag juga telah memberlakukan penggunaan Fuel Card untuk pembelian BBM Jenis Solar Subsidi. Program ini sudah memasuki tahun kedua dan akan terus berlanjut bersamaan dengan dimulainya Fuel Card 5.0 untuk Pertalite.

BACA JUGA:   Harga Beras Terus Melambung, Ini Biang Keroknya!

Jika mengacu pada pemberlakuan Fuel Card BBM Solar, ini beberapa tahapan yang harus dilewati jika ingin mengurus kartu Fuel Card 5.0 untuk BBM Pertalite:

1. Para pemilik mobil harus mendaftarkan kendaraannya melalui link yang sudah disediakan oleh Disperindag dan pihak bank dengan melampirkan STNK yang masih beraku dan foto kendaraan.

2. Selanjutnya, pemilik mobil membuat rekening pada bank yang sudah ditunjuk untuk mendapatkan kartu Fuel Card sebagai alat transaksi saat mengisi BBM di SPBU.

3. Pemilik fuel card dapat melakukan top-up setiap waktu dengan mentransfer sejumlah uang ke rekening yang sudah dibuat pada bank yang sudah ditunjuk.

BACA JUGA:   Konflik Yaman Picu Kenaikan Ongkos Logistik, Kapal Kontainer Ubah Rute Pelayaran

Besarnya jumlah pengguna pertalite ini maka dikhawatirkan akan terjadi penumpukan masyarakat pemilik mobil yang akan mengurus kartu tersebut pada kantor cabang bank yang ditunjuk. Disperindag harus mengantisipasi kondisi ini.

  • Bagikan
268 views