Ditanya Soal Program Makan Siang Gratis, Menkeu Pilih Bungkam!

  • Bagikan

Regional.co.id, JAKARTA: Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan dirinya tidak bisa menjawab perihal anggaran makan siang gratis yang ada di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Bungkamnya Sri Mulyani dikarenakan dirinya tidak tahu menahu dan anggaran tersebut tidak masuk di APBN 2024.

“Jadi mohon maaf sekali, apalagi ini bulan puasa, mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya saya ga bisa komentar soal makan siang gratis,” kata Sri Mulyani menganggapi pertanyaan dalam rapat dengan Komisi XI DPR RI, dikutip Rabu (20/3/2024).

Dia mengaku tidak bermaksud menghindari pertanyaan DPR. Dalam rapat tersebut, Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi PKS, Anis Byarwati, mempertanyakan perihal anggaran makan siang gratis.

BACA JUGA:   Jadi Calon Tunggal Gubernur BI, Ini Alasan Jokowi Tetap Pilih Perry Warjiyo!

“Termasuk bukan karena kami menghindar ya pertanyaan bapak ibu sekalian tentang makan siang gratis. Kami nggak menjawab karena di APBN kita belum ada. 2024 Kan tidak ada. Kalau ini adalah untuk pemerintah yang baru, bapak dan ibu sekalian kan juga paham bahwa siklus APBN,” tegas Sri Mulyani.

Mantan pejabat Bank Dunia ini mengaku kementeriannya tengah mempersiapkan pemerintahan transisi. Dalam hal ini, Kementerian Keuangan turut membantu desain APBN baru. Hal ini juga membuat Sri Mulyani enggan berkomentar soal program unggulan Prabowo dan Gibran.

Menurutnya, APBN 2025 akan disampaikan oleh Presiden saat Sidang Paripurna DPR RAPBN 2025 dan pembacaan nota keuangan pada 16 Agustus 2024.

BACA JUGA:   Pemerintah Berencana Naikkan Harga Pertalite dan Solar, DPR: Tahan Dulu!

“Nanti UU APBN 2025 kan baru disampaikan Bapak Presiden yang sekarang tanggal 16 Agustus. Tapi nanti pelaksanaannya untuk pemerintah baru,” kata Sri Mulyani. (cnbcindonesia/mtn)

  • Bagikan
100 views