Gudangnya Gedung Pencakar Langit, Kuala Lumpur Makin Mempesona

  • Bagikan

Regional.co.id, KUALA LUMPUR: Bagi anda yang sudah lama tidak berwisata ke Kuala Lumpur, Malaysia, mungkin akan terkagum-kagum dengan gerak pembangunan kota tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Yang paling mencolok adalah bertambahnya bangunan pencakar langit dan dereta gedung-gedung perkantoran dan apartemen di hampir semua tempat.

Untuk level Asia Tenggara, belum ada negara yang mampu mengalahkan Kuala Lumpur sebagai gudangnya gedung pencakar langit.

Tercatat ada tiga gedung pencakar langit di Kuala Lumpur hingga hari ini yaitu Twin Tower Petronas dengan tinggi 452 meter (diresmikan pada 1998), Gedung Merdeka 118 dengan ketinggian 678,9 meter (diresmikan pada Maret 2023), dan menara The Exchange 106 dengan ketinggian 453,6 meter (diresmikan pada November 2023).

BACA JUGA:   Dibuat di Batam, KRI Bung Karno-369 Resmi Beroperasi

Twin Tower Petronas yang terletak berdampingan dalam kompleks Kuala Lumpur City Centre, sempat menjadi gedung tertinggi dunia pada 1998-2004 sebelum digeser oleh Burj Khalifa di Dubai, UAE yang memiliki ketinggian 828 meter.

Sementara itu gedung Merdeka 118, sebelumnya disebut sebagai Warisan Merdeka Tower, KL 118 dan PNB 118, adalah gedung pencakar langit super tinggi dengan 118 lantai. Berlokasi di dekat Stadion Merdeka, menara ini memiliki ketinggian 678.9 m (2.227 ft), dan menjadikannya struktur tertinggi kedua dan bangunan tertinggi kedua di dunia, di bawah Burj Khalifa.

Yang terbaru adalah menara The Exchange 106, sebelumnya dikenal dengan Tun Razak Exchange (TRX) Signature Tower yang berlokasi di TRX financial. Bangunan ini memiliki ketinggian 453,6 meter dan menjadikannya bangunan tertinggi kedua di Malaysia dan ketiga di Asia Tenggara.

BACA JUGA:   Pesona Bali Hanya Dikalahkan Oleh Dubai Sebagai Destinasi Wisata Dunia Terpopuler

Selain tiga gedung tinggi diatas, Kuala Lumpur sebenarnya telah memulai pembangunan menara sejak 1996 lalu bernama Kuala Lumpur Tower atau KL Tower. Pada puncak menara terdapat bangunan enam tingkat yang dapat dipergunakan oleh pengunjung untuk melihat suasana kota dari ketinggian 421 meter. Menara ini digunakan sebagai menara telekomunikasi oleh Telekom Malaysia.

  • Bagikan
98 views