Catat Sejarah, Indonesia Lolos Babak Perempat Final Piala Asia U-23

  • Bagikan

Regional.co.id, DOHA: Tim nasional (timnas) Indonesia U-23 mencetak sejarah dengan lolos ke perempatfinal Piala Asia U-23 2024. Timnas Garuda lolos setelah menghancurkan Yordania 4-1 dalam laga ke-3 Grup A di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Minggu (21/4/2024).

Gol-gol kemenangan timnas dicetak oleh Marselino Ferdinan pada menit ke-23 dan 70, Witan Sulaeman pada menit ke-40, dan Komang Teguh pada menit ke-86. Sedangkan gol balasan Yordania dicetak Waseem Wasef Alriyalat pada menit ke-79.

Hasil ini menempatkan Indonesia sebagai runner up Grup A dengan koleksi enam poin. Garuda Muda berada satu tingkat di bawah Qatar yang berhasil menjadi juara grup tersebut berbekal raihan tujuh angka.

Lolosnya timnas Garuda ke babak delapan besar Piala Asia U-23 memperpanjang daftar rekor dan sejarah.

Keikutsertaan Indonesia di Piala Asia U-2023 2024 adalah yang pertama kali sejak turnamen tersebut digelar pada 2012. Sebelumnya, Indoensia selalu kalah di babak kualifikasi.

Pertandingan timnas Indonesia selanjutnya adalah melawan pemenang grup B yakni antara tim raksasa Jepang atau Korea Selatan.

BACA JUGA:   FIFA Coret Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Di pertandingan lain,  tuan rumah Qatar bermain seri 0-0 melawan Australia. Qatar menjadi juara Grup A dengan poin 7.

Berikut serba-serbi lolosnya Indonesia ke perempatfinal

1. Sejarah
Indonesia mencetak sejumlah sejarah di Piala Asia U-23 2024.
Sejarah pertama adalah lolos ke putaran final Piala Asia U-23 20224 dengan menjuarai grup K yang terdiri dari Turkmenistan dan Taiwan.

Sejarah kedua adalah kemenangan pertama di babak penyisihan grup A melawan Australia.
Bukan hanya menjadi kemenangan pertama di putaran final, Indonesia juga mampu menghapus rekor buruk melawan Australia. Dalam empat pertandingan sebelumnya timnas Indonesia U-23 selalu takluk.

BACA JUGA:   Meski Bermain Bagus, Arab Saudi Kalah 0-2 dari Polandia

Indonesia juga mencetak gol bersejarah pertama di Piala Asia U-2023 melalui Komang Teguh Trisnanda Putra saat melawan Australia.

Di debutnya di Piala Asia, Indonesia juga langsung mencetak sejarah dengan lolos ke perempatfinal.

2. Gol

Jumlah gol yang dicetak Indonesia adalah lima gol. Satu gol tercipta saat melawan Australia dan empat gol saat melawan Yordania. Lima gol tersebut menjadikan Indonesia tim paling produktif di Grup A.

Indonesia kemasukan 3 gol hingga babak penyisihan grup yakni 2 gol dari timnas Qatar dan 1 dari Yordania. Timnas Garuda juga mencetak satu gol bunuh diri melalui Justin Hubner saat melawan Yordania.

3. Pencetak gol

Ada tiga pemain yang mencetak gol untuk Indonesia hingga pertandingan ketiga Grup A Piala Asia U-2024 yakni Komang, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman.

BACA JUGA:   Sempat Unggul, Argentina Akhirnya Menyerah 1-2 dari Arab Saudi

4.Nilai
Indonesia mengumpulkan nilai 6 di babak penyisihan grup A Piala Asia U-23 2024 dari hasil dua kemenangan (Australia, Yordania) dan sekali kalah melawan Qatar

5. Pertandingan Indonesia selanjutnya

Pertandingan timnas Indonesia U-23 selanjutnya adalah melawan juara Grup B yakni antara Jepang dan Korea Selatan. Babak perempatfinal  akan digelar pada 25 April 2024.\

6. Daftar lengkap pemain timnas

Kiper

1- Muhammad Adi Satryo
21-Ernando Ari
22-Daffa Fasya

Belakang

2-Ilham Rio Fahmi
3-Muhammad Ferarri
4-Komang Teguh Trisnanda
5-Rizky Ridho Ramadhani
10-Justin Hubner
12-Pratama Arhan
13-Kakang Rudianto
17-Dony Tri Pamungkas
23-Dzaky Asraf

Tengah

6-Ivar Jenner
7-Marselino Ferdinan
15-Ikhsan Nul Zikrak
16-Arkhan Fikri
18-Muhammad Rayhan Hannan

Depan

8-Witan Sulaeman
9-Ramadhan Sananta
11-Rafael Struick
14-Muhammad Fajar Fathur
19-Jeam Kelly Sroyer
20-Hokky Caraka

  • Bagikan
32 views