Terminal 2 Bandara Hang Nadim Mulai Dibangun, Bakal Menampung 6,9 Juta Penumpang

  • Bagikan

Regional.co.id, BATAM: Bandara Internasional Hang Nadim Batam memulai pembangunan terminal 2 dengan investasi Rp2,4 triliun dan target penyelesaian selama dua tahun.

Pikri Ilham Kurniansyah, Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam (BIB), mengatakan terminal yang akan dibangun nanti dapat menampung penumpang hingga 6,9 juta orang.

“Untuk tahap pertama investasi pembangunan terminal 2 ini mencapai Rp2,4 triliun di atas areal seluas 50.000 meter persegi, dengan jumlah apron disediakan untuk 10 pesawat,” ujarnya saat seremoni ground breaking di Batam, Kamis (30/05).

Terminal 2 ini nantinya akan khusus melayani rute internasional salah satunya tujuan Bandara Incheon, Korea Selatan.

BACA JUGA:   Kadin Kepri dan Asosiasi Pengusaha Tolak Rencana Kenaikan Tarif Bongkar Muat di Pelabuhan

Kita kembangkan penerbangan internasional, dengan Incheon jadi kata kuncinya. Selanjutnya kembangkan penerbangan internasional termasuk ke Asia Tenggara, China, Jepang dan lainnya,” paparnya.

Secara keseluruhan, total investasi sebesar Rp6,9 triliun. Komitmen Korea yang diwakili Incheon International Airport, yang tergabung dalam konsorsium Angkasa Pura I (PT BIB) juga sangat besar dalam proyek ini.

Saat ini Bandara Internasional Hang Nadim Batam sudah terkoneksi atau melayani penerbangan dengan 18 rute domestik, 2 rute perintis, dan 4 rute internasional diantaranya ke Kuala Lumpur – Malaysia, Kunming-China, Jeju-Korea Selatan dan Makkah-Arab Saudi.

Sampai dengan 2023, jumlah arus penumpang di Bandara Hang Nadim tercatat sebanyak 3,91 juta orang yang terdiri dari 1,921 juta orang berangkat dan 1,990 juta orang datang. Angka tersebut naik 15% dibandingkan arus penumpang tahun sebelumnya.

BACA JUGA:   Miris! Hanya 4 Dari 32 Bandara Internasional Yang Sudah Melayani Rute Luar Negeri

  • Bagikan
48 views